Trik Dapatkan Bibit Unggul Ikan Lele

Ketika Anda akan memilih bibit unggul saat akan melakukan budidaya ikan lele, maka penting harus mempertimbangkan jenis benih yang terbaik. Jenis bibit yang sehat dan berkualitas nantinya akan menentukan produktivitas dari ikan lele. Jika ketika Anda dalam proses budidayanya mengabaikan pemilihan bibit yang tepat sebelum menebarkannya ke kolam, maka potensi risiko kerugian akan besar terjadi. 

Walaupun sebenarnya ada banyak sekali yang menjual bibit ikan, namun mendapatkan bibit yang unggul bukan perkara mudah. Setidaknya ada beberapa karakter bibit ikan yang berkualitas harus Anda pahami. Bibit yang unggul sendiri setidaknya memiliki beberapa ciri yang sangat dominan dan berikut adalah beberapa ciri bibit unggul ikan lele diantaranya:

Berasal Dari Budidaya Benih Ikan Lele

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika akan mendapatkan bibit unggul ikan adalah benih ikan lele berasal dari hasil budidaya. Pasalnya, bibit lele tersebut biasanya akan jauh lebih terjaga untuk kualitasnya.

Selain itu, bibit dari budidaya benih ikan lele memang lebih cenderung berasal dari indukan terbaik. Artinya, anda tidak lagi meragukan hasil dari kualitas tersebut. Proses budidaya juga setidaknya memang sudah baik. Sehingga benih ikan lele terjamin berkualitas hingga ikan lele siap terjual. 

Lincah

Ketika akan memilih bibit lele di penjual bibit ikan, pastikan jika bibit ikan lele yang akan dipilih lincah. Artinya ketika ditanggap dengan tangan kosong sangat lincah dan gesit. Jika memiliki ciri tersebut maka bisa menandakan jika bibit masuk dalam kategori kualitas terbaik. Selain itu, Anda juga bisa melihat kelincahannya dari pergerakan ikan lele ketika diberikan arus. Jika ikan lele ini terbawa arus maka ini mengartikan jika bibit kurang bagus. Dan jangan membeli bibit dengan kualitas tersebut. 

Memiliki Fisik Yang Sempurna

Untuk jenis bibit yang baik untuk di budidayakan selain memiliki gerakan yang lincah juga pastikan jika ikan memiliki fisik yang bagus. Jika Anda menemukan adanya fisik yang terluka dan cacat pada tubuhnya, maka sebaiknya jangan memilih jenis ini. 

Penting untuk Anda mengupayakan memilih jenis bibit dari jenis ikan lele dengan badan yang mulus dengan warna yang selaras. Selain itu, warna dari bibit ikan lele yang terbaik sebenarnya adalah dengan warna coklat tua atau hitam yang kemerahan. Dan secara morfologi, tubuh dari ikan lele harus seimbang mulai dari kepala hingga badan, dengan warna kulit cerah serta mengkilap.

Bibit ikan lele yang terbaik memiliki adalah dengan warna yang tidak pucat dan tidak menggerombol di pojok kolam. Justru jenis bibit lele yang bagus adalah yang bisa bergerak dengan sangat lincah kesana kemari. Jika Anda menemukan salah satu bibit yang tak sempurna ada baiknya pisahkan. 

Minta penjual bibit ikan untuk memisahkan jenis bibit untuk budidaya, sehingga Anda bisa mendapatkan benih yang terbaik.

Ukuran Seragam

Hal yang terpenting ketika akan memilih benih ikan lele adalah anda harus mempertimbangkan ukuran ikan yang seragam. Karena jika Anda tidak memilih bibit yang memiliki ukuran sama maka akan memiliki risiko terjadinya tingkat kanibal dari sesama bibit. 

Untuk jenis ikan lele yang lebih biasanya akan memangsa ikan lele yang lebih kecil ukurannya. Hal ini tak baik untuk budidaya ikan lele. Karena bisa menyebabkan kerugian yang cukup tinggi. 

Dan harus dipahami juga, jika ukuran bibit dari ikan lele sangat mempengaruhi pertumbuhan. Untuk itu, penting untuk menyortir ukuran bibit lele yang seragam sehingga hasil panen juga tidak akan terhambat. 

Untuk memenuhi kebutuhan bibit lele berkualitas, Alfa Farm siap mengirimkan ke berbagai kota di Indonesia dari Yogyakarta hingga Palangkaraya dan tempat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp