Gurame

Ikan Gurame adalah salah satu ikan yang sangat digemari oleh masyarakat. Kenapa? Ikan gurami ini memiliki rasa dan tekstur daging yang lembut dan lezat, serta tidak terdapat duri halus seperti ikan mas dan ikan bawal air tawar. Sehingga ikan gurame ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding ikan air tawar lainnya.

Alfa Farm siap menyuplai kebutuhan benih ikan gurame di daerah anda. Kami melakukan pengiriman ke seluruh daerah di Indonesia. Dengan sistem port to port, berangkat dari pulau Jawa untuk memenuhi pengembangan budidaya ikan gurame. Ada jenis Gurame Soang, Gurame Bastar, dan Gurame Padang.

 

 

Budidaya ikan Gurame sebaiknya dilakukan pada kolam dengan perairan yang tenang. Lakukan pergantian air sedikit demi sedikit dan secara berkala, terutama jika air sudah terlihat keruh. Tambahkan tanaman eceng gondok 25 % dari luas kolam.

Spesifikasi Ukuran Benih Gurame

Ukuran Jumlah (1 box)
Ukur 2-3 5.000 ekor
Ukur 3-5 4.000 ekor
Ukur 4-6 3.000 ekor
Ukur 5-7 2.500 ekor
Jempol 1.500 ekor
Bensol 1.000 ekor
Gilete 700 ekor

Tahapan Persiapan Kolam Ikan Gurame

1. Persiapan Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal

Persiapan kolam buatan ini dilakukan 10 hari sebelum benih ikan disemai.

  • Pertama-tama cucilah terpal yang akan digunakan untuk dasar kolam dengan menggunakan daun pepaya untuk menggosoknya. Setelah itu rendam kurang lebih 2-3 hari yang kemudian dibilas kembali agar terpal siap digunakan.
  • Masukkan dan isi kolam terpal dengan air kurang lebih 45-50 cm. Masukkan juga beberapa lembar daun pepaya lalu diamkan selama kurang lebih satu minggu.
  • Sebelum bibit ikan gurame disemai, lakukan pendederan terlebih dahulu. Jumlah ideal bibit Gurame yang dibudidayakan pada kolam terpal dengan ukuran benih 4-6cm adalah 50 ekor/m2 dengan ketinggian air yang ideal adalah 60 cm.
  • Kolam budidaya sebaiknya selalu dijaga kandungan oksigennya agar ikan berkembang optimal.

2. Persiapan Budidaya Ikan Gurame di Kolam Beton

  • Jika anda ingin menjalankan budidaya ikan Gurame pada kolam beton, persiapan kolam dilakukan kurang lebih 1 minggu sebelumnya. Keringkan terlebih dahulu kolamnya kemudian taburi dasar kolam dengan tanah pupuk kompos setebal kurang lebih 25 cm.
  • Selanjutnya taburkan juga kapur dolomit ke seluruh permukaan kolam yg telah rata dengan pupuk kompos. Tunggu sekitar 3 hari agar pupuk dan kapur menyatu secara alami guna menghasilkan pakan alami bagi ikan Gurame.
  • Setelah siap isi kolam dengan air setinggi sekitar 60 cm dan biarkan selama 1 minggu.
  • Bila kolam beton sudah siap untuk digunakan, bibit ikan gurame dapat ditebar melalu proses pendederan terlebih dahulu.

Pemberian Pakan Ikan Gurame

Untuk pakan ikan gurame anda bisa berikan palet D0,781-1 dan cacing sutra. Pakan bisa diberikan 2x sehari. Untuk jumlah pakan yang diberikan dapat disesuaikan dengan jumlah ikan dan berat badan bibit ikan gurame. Patokannya adalah 3-5 % pakan dari total berat badan ikan yang dipelihara.

Pakan ikan yang diberikan harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral seimbang.

  • Berilah pakan sesuai kebutuhan sehingga tidak banyak pakan yang mengendap di dasar kolam. Pengendapan pakan ini depat menyebabkan timbulnya penyakit dan berkurangnya kandungan oksigen dalam kolam.
  • Segera lakukan pergantian air kolam jika mulai tercium bau busuk dari air kolam. Caranya, kurangi atau buang 1/3 air kolam dan tambahkan dengan air yang baru.

PERHATIAN: Jika saat dilakukan pemberian pakan banyak pakan yang tidak segera habis, maka hal itu menandakan adanya ketidaseimbangan kondisi ikan. Karena itu segera lakukan pengecekan kepadatan ikan, suhu air maupun infeksi yang menyerang. Jika ditemukan atau terjadi infeksi harus segera dilakukan penanganan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *