Tips Memulai Bisnis Budidaya Lele Dengan Mudah

Ada banyak keuntungan atau manfaat memulai bisnis budidaya ikan lele yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Budidaya lele bukanlah ide bisnis baru, sudah banyak orang yang memulai untuk membuka bisnis budidaya ikan lele, karena memang mempunyai peluang yang cukup menjanjikan. Selain itu cara melakukan dan memulai budidaya ikan air tawar ini juga cukup mudah karena tidak membutuhkan banyak perawatan.

Budidaya ikan lele sangat mudah dan sederhana, bahkan para pemula juga bisa memelihara dan memulai bisnis sendiri. Jika Anda memiliki kolam kecil yang tidak terpakai, tangki atau sumber air lain, anda tinggal menyimpan beberapa ikan lele di dalam tangki tersebut untuk mulai melakukan budidaya ikan. Permintaan ikan lele juga cukup stabil di pasaran ditambah dengan harga ikan lele yang bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memulai bisnis ini, karena bahkan bisnis ikan lele dapat anda mulai dari sumber air yang kecil seperti tangki sederhana. Ini adalah bisnis yang menguntungkan bagi anda yang ingin memulai bisnis produksi komersial atau penjualan dalam jumlah besar. Ikan lele juga menjadi ikan yang cukup populer karena memiliki kandungan gizi yang baik serta protein tinggi untuk kesehatan.

Cara Memulai Budidaya Ikan Lele

Memulai bisnis produksi ikan lele skala kecil atau skala besar sangatlah mudah dan sederhana. Bahkan para pemula juga bisa melakukannya tanpa khatir terjadi potensi gagal. Simak berikut ini beberapa tips dan hal yang harus anda perhatikan alam memulai bisnis budidaya ikan lele.

1. Pemilihan Kolam untuk Budidaya Ikan Lele

Pemilihan kolam memainkan peran yang sangat penting agar bisa membangun bisnis budidaya ikan lele yang sukses. Sebelum memilih kolam untuk budidaya lele, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut.

  • Kolam yang dipilih harus bebas banjir.
  • Tepian kolam akan cukup kuat dan bebas dari lubang.
  • Kedalaman air sedang sekitar 1,2 m
  • Bentuk kolam lebih baik lonjong
  • Buat kolam di area terbuka agar terpapar sinar matahari

2. Pengelolaan Kolam

Ikan lele dapat hidup dengan baik pada kolam baru ataupun kolam lama, namun akan lebih baik jika Anda membudidayakan ikan lele di kolam yang sudah tua. Jika ingin menggunakan kolam baru, maka harus menggunakan pupuk seperti kotoran, kapur dan lain sebagainya untuk mengisi kolam. Pemberian pupuk dilakukan agar tanah dikolam menjadi subur dan bisa memberi banyak nutrisi kepada ikan lele.

Jika perlu anda juga bisa menutupi kolam dengan jaring untuk mencegah ikan dari serangan beberapa predator berbahaya seperti katak dan ular. Anda bisa menambahkan bibit ikan lele setelah menyiapkan kolam selama 2 hingga 3 hari agar kolam benar-benar siap menampung bibit ikan.

3. Bibit Ikan Lele

Belilah bibit ikan lele berkualitas tinggi agar bisa menghasilkan panen ikan lele terbaik dan anti gagal. Salah satu penjual bibit ikan terbaik anda bisa membelinya melalui alfafarm.co.id. Penjual bibit ikan berkualitas yang sudah memiliki pengalaman serta jaminan produk bibi terbaik. Bila perlu masukan obat anti jamur ke dalam kolam setelah anda menambahkan bibit ikan lele pada hari ke 2 atau 3 untuk menjaga ikan dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

4. Pemberian Pakan

Pakan ikan lele sebaiknya diberikan setiap hari sebanyak 20 persen pada 10 hari pertama menyebarkan bibit ikan. Ikan lele kecil biasanya menyukai makan dimalam hari, anda bisa menyesuaikan pemberian pakan di waktu malam untuk memaksimalkan pemberian pakan. Berikan pakan ikan setiap hari secara rutin pada pagi dan malam hari.

Terkadang jika anda mempunyai kolam yang baik untuk ikan lele bertahan hidup, pemberian pakan juga tidak terlalu penting untuk dilakukan. Ikan lele sendiri memang mempunyai kemampuan bertahan hidup yang baik diair kotor atau keruh, sehingga membuat proses budidaya lele cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak modal.

Alfafarm menawarkan solusi budidaya lele terbaik. Termasuk pengiriman bibit berkualitas ke area Palembang, Pekanbaru, dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp