Tips Memilih Penjual Bibit Ikan Terbaik

Budidaya ikan guramih, lele, nila dan lain sebagainya memang sedang menjadi primadona di kalangan masyarakat. Oleh sebab itu, banyak sekali tempat yang menjual bibit ikan dengan berbagai jenis. 

Kebutuhan masyarakat terhadap berbagai jenis ikan air tawar memang tidak akan pernah surut. Bahkan permintaan pasarnya sendiri selalu mengalami peningkatan untuk setiap waktu. Besarnya kebutuhan pasar ini terkadang membuat para petani ikan kewalahan agar bisa memenuhinya. 

Ikan air tawar sendiri mempunyai berbagai kelebihan dibandingkan dengan ikan air laut, bukan hanya sekedar harga yang jauh lebih murah, kandungan nutrisinya juga cukup lengkap. Apa lagi tidak semua wilayah yang mempunyai ketersediaan air laut yang berkualitas baik. 

Besarnya permintaan terhadap ikan air tawar ini pastinya akan memberikan peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk para peternak ikan. Agar bisa memulai budidaya ikan patin, nila, bawal, hanya dengan modal yang kecil maupun skala rumahan. 

Jika akan menjalankan usaha ternak ikan, pastinya akan memerlukan benih atau juga bibit ikan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menemukan penjual bibit ikan terbaik agar bisa mendapatkan anakan yang juga berkualitas baik. 

Tips Memilih Toko Bibit Ikan Agar Kualitas Ikan Terjamin

Jika kamu ingin mendapatkan anakan ikan yang mempunyai kualitas terbaik, berikut ini adalah beberapa tips dan cara memilih tempat jual bibit ikan yang terbaik dan murah sekaligus dapat dipercaya. 

1. Pilih Jenis Ikan Ukuran Benih yang Diinginkan

Tempat untuk melakukan pendederan ikan biasanya akan menyediakan berbagai jenis bibit ikan air tawar dengan berbagai macam ukuran. Ada yang bibit ikan lele, nila, patin, ikan mas, belut sampai berbagai macam jenis ikan hias. 

Begitu pula dengan ukurannya yang beragam, dari masih yang berbentuk larva, telur, ukuran 1 cm sampai yang memiliki ukuran lebih dari 6 cm. Adanya berbagai macam ukuran ini akan lebih memudahkan bagi calon peternak dalam memilih benih sesuai dengan target pembudidayaannya. 

Berbagai macam jenis ikan beserta ukuran akan lebih memudahkan dalam membelinya. Terutama sebagai salah satu calon peternak ikan yang baik pastinya sudah harus memiliki planning maupun rencana untuk pemeliharaan hewan air tersebut. 

2. Pilih Bibit Ikan Unggul 

Tidak kalah penting memilih bibit ikan dengan jangkauan pengiriman laur Jawa Balikpapan yang terpercaya dengan cara melakukan pengamatan terhadap benih ikan yang akan ditawarkan. Anakan ikan yang memiliki kualitas unggul penting karena bisa menentukan keberhasilan dari budidaya. 

Inilah yang harus membuat kamu bisa meluangkan lebih banyak waktu dalam Memperhatikan benih ikan yang akan dibeli. Bibit ikan yang unggul dan juga berkualitas dihasilkan dari indukan unggul juga. Indukan ikan yang biasanya digunakan dalam pendederan umumnya akan mempunyai sertifikat yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan lewa Dinas Perikanan setempat.

3. Harga Bibit Ikan Bukan yang Murahan

Banyak sekali tempat yang menjual berbagai jenis bibit ikan dengan memberikan penawaran harga yang murah. Jika mendapatkan tawaran yang seperti itu akan lebih baik jika kamu tidak langsung begitu saja percaya. 

Hal paling penting bagi seorang peternak ikan adalah mendapatkan bibit ikan yang unggul dan berkualitas murahan. Harga bibit ikan yang murah memang bisa menarik perhatian, tetapi kamu juga harus selektif ketika memilih dan melakukan pembelian. Jika dibutuhkan maka penting untuk membandingkan di beberapa toko yang terdekat di kotamu. 

Alfafarm siap menyediakan bibit ikan berkualitas dengan jaminan pengiriman ke berbagai kota di Jawa dan luar Jawa, dari Kediri sampai Palangkaraya dan daerah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp