Tips Dalam Pemilihan Bibit Ikan Koi

Dalam memilih bibit ikan koi sebaiknya Anda harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu, karena pemilihan bibit ikan akan berpengaruh pada kualitas hasil panen. Ikan koi yang berkualitas dapat dilihat dari beberapa ciri khas tertentu diantaranya seperti warna, bentuk badan dan beberapa hal lain yang biasanya menjadi salah satu cara untuk menilai ikan koi pada perlombaan.

Bibit ikan yang baik akan membantu anda dalam menemukan ikan koi berkualitas tinggi dan mempunyai potensi kemenangan besar di dalam perlombaan. Seperti yang diketahui bahwa biasanya pada perlombaan ikan koi ada beberapa hal yang menjadi penilaian utama yang dilakukan oleh para juri, diantaranya seperti bentuk badan, warna dan pola warna ikan koi hingga keanggunan dari ikan tersebut.

Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Pemilihan Bibit Ikan Koi

Dalam memilih bibit ikan tidak bisa sembarangan, diperlukan penjual bibit yang mempunyai pengalaman serta jaminan kualitas bibit ikan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bibit ikan jenis koi.

1. Pola Warna Ikan Koi

Di dalam memilih bibit ikan jenis koi yang cukup populer dan banyak disukai oleh orang-orang sehingga memberikan peluang yang cukup besar, sebaiknya Anda memilih bibit ikan yang memiliki pola warna seimbang. Kepala dari ikan haruslah mempunyai bentuk yang ideal, perhatikan bagian kepala, bahu dan daerah ekor ikan koi untuk melihat pola warna utamanya, karena warna pada bagian tersebut merupakan bagian yang menjadi pusat penilaian ketika melakukan perlombaan.

Sebaiknya warna pada bagian kepala harus mempunyai warna yang lebar serta tegas, pemilihan ikan koi yang memiliki warna garis putih pada leher juga harus anda prioritaskan. Warna pada bagian ekor sebaiknya memiliki warna putih bersih dan tidak memiliki warna kehitam-hitaman. Ikan koi yang berkualitas memiliki pola warna yang cerah sehingga warna-warna berat seperti merah buram sebaiknya tidak anda pilih pada bibit ikan.

2. Warna Ikan Koi

Ikan koi yang memiliki warna cemerlang dianggap sebagai ikan yang memiliki kualitas terbaik, artinya ikan koi yang memiliki warna putih tanpa adanya gradasi kehitam-hitaman sama sekali. Jika ikan koi berwarna merah warnanya harus mencolok menandakan bahwa ikan tersebut merupakan ikan yang berkualitas karena memiliki warna cerah dan cemerlang.

3. Bentuk Badan Ikan Koi

Bentuk badan ikan koi akan terlihat ketika koi berenang, karena bentuk badan ikan akan berpengaruh pada gaya berenang ikan tersebut, walaupun ikan koi mempunyai pola warna yang indah namun jika memiliki sirip yang tidak lengkap maka akan memiliki nilai yang buruk. Bibit ikan koi yang berkualitas memiliki sisi yang simetris pada tubuhnya, selain itu hindari pembelian bibit ikan yang cacat pada ikan, biasanya seperti tidak memiliki sirip, mata yang tidak lengkap atau memiliki ukuran tubuh yang tidak normal.

Ikan koi menjadi cukup populer karena mempunyai pola warna serta filosofi yang baik untuk dipelihara di rumah. Banyak orang mengatakan bahwa dengan memelihara ikan koi bisa mendatangkan keberuntungan, selain itu ikan koi juga memiliki warna serta bentuk yang indah sangat cocok untuk dipelihara di kolam taman rumah anda. Hal tersebut membuat bisnis ikan koi menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan namun dalam perawatan ikan koi tidak mudah berbeda dengan pemeliharaan ikan air tawar lainnya.

Salah satu alternatif cara bagi Anda yang ingin memulai bisnis ikan koi namun khawatir terjadinya gagal panen dan berbagai masalah lainnya, Anda harus memilih bibit ikan koi terbaik dan berkualitas. Caranya adalah dengan memilih penjual bibit ikan terbaik yang sudah menjamin kualitas dari bibit ikan sehingga Anda tidak perlu lagi repot memilih bibit ikan yang berkualitas, alfafarm.co.id akan membantu dan memberikan banyak kemudahan kepada anda dalam memulai bisnis ikan koi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp