Tips Budidaya Ikan Yang Benar

Bagi anda yang menekuni bisnis budidaya ikan,  pastinya membutuhkan informasi mengenai penjual bibit ikan manakah yang terbaik.  Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan bibit ikan yang unggul sehingga nantinya hasil panen juga memiliki kualitas terbaik.

Tips Budidaya Ikan Yang Tepat

Memelihara ikan sudah menjadi hal yang wajar.  Ikan merupakan peliharaan yang perawatannya tergolong mudah.  Hanya perlu menjaga kebersihan kolam serta memberikan makan secara teratur dengan pakan yang tentunya berkualitas.

Namun kini memelihara ikan tak hanya  sebatas hobi saja melainkan bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yaitu dengan cara budidaya ikan. Anda bisa melakukan berbagai macam budidaya seperti budidaya udang galah, ikan nila, bawal, patin, gabus, belut, graskap, guramih dan sebagainya.

Budidaya ikan menjadi salah saru jenis usaha yang terbilang bagus mengingat bidang kuliner memiliki peluang yang besar.  Kuliner nusantara masih didominasi dengan hidangan yang berasal dari ikan dan seafood. Sehingga pastinya dengan membuka usaha dibidang budidayakan ikan atau udang merupakan bisnis yang menjanjikan.

Hanya saja agar usaha budidaya ikan ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal,  maka ada beberapa hal sebagai berikut :

  • Mempersiapkan Lahan

Menyiapkan lahan untuk budidaya ikan haruslah tepat. Dalam tahap ini anda harus memperhatikan beberapa hal seperti pemilihan jenis ikan yang tepat, dimana nantinya akan menentukan jenis kolamnya apakah harus menggunakan cor beton,  tanah ataupun terpal.

Selain itu,  anda juga perlu memperhatikan tingkat kedalaman kolam,  suhu air,  pencahayaan maupun kondisi lingkungan apakah mendukung atau tidak.  Dengan segala persiapan inilah nantinya akan berpengaruh juga terhadap perkembangan dan proses pertumbuhan ikan yang dibudidayakan itu sendiri.

  • Pemilihan Benih Ikan

Tahap selanjutnya yang membutuhkan banyak perhatian adalah pemilihan benih ikan. Pada tahap ini sangat penting karena pemilihan benih ikan yang unggul maka akan mempengaruhi perkembangan dan hasil akhirnya. Sehingga pastinya anda memiliki pengetahuan khusus dalam hal memilih benih ikan yang berkualitas.

  • Tebar Benih

Berikutnya mengenai penebaran benih.  Sangat disarankan untuk tidak langsung memasukkan benih ke dalam kolam. Siapkan wadah yang ukurannya lebih kecil dulu, kemudian diisi dengan air yang memiliki suhu yang sama dengan suhu air kolam yang akan digunakan untuk budidaya. Tujuannya adalah untuk menghindari benih ikan stress sekaligus agar beradaptasi dengan suhu airnya lebih dulu.

  • Pemberian Pakan

Pemberian pakan juga perlu dipertimbangkan dengan baik.  Pilihlah jenis pakan (pelet)  yang berkualitas agar kebutuhan nutrisi ikan untuk berkembang terpenuhi.  Selain itu,  jadwal pemberian pakan juga harus diperhatikan.

Usahakan jangan kurang dan jangan berlebihan.  Berlebihan dalam memberikan pakan hanya akan mengotori kolam sehingga akan mengganggu pertumbuhan maupun kesehatan dari ikan itu sendiri. Pemberian pakan juga harus disesuaikan dengan umur ikan agar sesuai dengan kebutuhan umurnya.

  • Menjaga Kebersihan Kolam

Berkaitan dengan hal di atas,  kebersihan kolam adalah kunci dari pertumbuhan ikan yang baik.  Sehingga pastikan kolam selalu dibersihkan dengan baik agar tidak kotor dan tercemar. Lakukan pembersihan kolam secara rutin untuk menjaga kualitas air tetap sehat.

  • Menjaga Ekosistem Dengan Baik

Perhatikan suhu air dan pastikan agar selalu sesuai.  Di samping itu,  menjaga ekosistem juga penting.

Selalu pantau perkembangan ikan.  Pisahkan sesuai umurnya. Serta pisahkan ikan yang sakit agar tidak menular ke ikan lainnya.

Mengenai proses panen ada baiknya anda memperhitungkan dengan tepat. Pastikan proses panen dilakukan pada waktu yang tepat. Hal ini agar pada saat panen dilakukan, umur ikan sudah pas sehingga kualitasnya juga sudah dalam fase terbaik.

Rekomendasi Penjual Bibit Ikan Terbaik

Bagi anda yang berencana untuk melakukan budidaya ikan, maka alfafarm.co.id merupakan rekomendasi yang terbaik. Selain karena sudah berpengalaman,  bibit juga memiliki jangkau pengiriman yang luas yaitu jangkauan pengiriman bandara luar Jawa Balikpapan, Tarakan, Manado, Kupang, Lombok, Makassar, Papua, Kendari, Batam, Palembang ,Pekanbaru dll.

Dengan begitu,  dimanapun lokasi anda berada maka akan tetap dilayani dengan baik serta anda bisa mendapatkan bibit ikan dengan kualitas yang unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp