Tips Budidaya Ikan Nila Agar Sukses

Salah satu bidang yang memiliki peluang cukup besar dan luas untuk bisa mendapatkan keuntungan serta bisnis yang berkembang dengan pesat yaitu dengan melakukan budidaya ikan nila yang juga cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia sendiri. Dapat dikatakan bahwa banyak restoran maupun juga tempat makan dan warung seringkali menyediakan menu beragam olahan dari ikan nila yang mengindikasikan bahwa jenis ikan satu ini memang banyak dikonsumsi dan disenangi oleh masyarakat Indonesia. Namun, dalam melaksanakan budidaya sendiri tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena perlu untuk memperhatikan beberapa hal agar budidaya bisa sukses seperti yang akan dijelaskan pada artikel yang ada berikut ini.

Melakukan Pemilihan Lokasi untuk Kolam Budidaya Ikan Nila dengan Tepat

Saat melakukan budidaya ikan nila, memilih lokasi yang tepat agar nantinya ikan tersebut bisa berkembang dengan baik dan berkualitas unggul merupakan sebuah hal yang wajib untuk diperhatikan dan tidak bisa untuk dilakukan dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan ikan nila sendiri nantinya tidak akan bisa berhasil untuk mencapai perkembangan dan pertumbuhan yang tepat tanpa adanya lokasi kolam yang sesuai dan mampu untuk mendukung pertumbuhan tersebut. Pastikan bahwa kolam tersebut terbuat dari tanah liat dengan kemiringan tanah sebesar 3 hingga 5 persen agar proses pengairan yang diperlukan bisa menjadi lebih mudah dilakukan.

Pengolahan Kolam Tempat Budidaya Ikan Nila dengan Baik

Tidak hanya mempersiapkan dalam pembuatan kolam untuk budidaya ikan nila, tetapi juga perlu untuk melakukan pengolahan terlebih dahulu terhadap kolam tersebut setidaknya dua minggu sebelum kolam akan digunakan untuk menaruh ikan nila. Cara pengolahan kolam ini cukup mudah yaitu hanya dengan mengeringkan bagian dasar selama beberapa hari dan bersihkan secara keseluruhan dari berbagai rumput yang mungkin masih tersisa. Berikan pula kapur tohor, pupuk kandang, dan juga memasang saringan pada bagian pintu masuk serta keluarnya air sehingga kolam yang akan digunakan tersebut bisa terasa nyaman untuk menjadi tempat tinggal dari ikan nila sendiri.

Mengatur Sistem Pengairan Kolam Budidaya Ikan Nila dengan Lancar

Langkah yang tidak dapat dilewati saat melakukan persiapan budidaya ikan nila yaitu dengan memastikan bahwa sistem pengairan yang digunakan untuk kolam tersebut sudah berjalan dengan lancar dalam upaya untuk menjaga kehidupan dan pertumbuhan ikan nila di dalamnya dengan nyaman dan pesat. Buat kolam dengan air setidaknya yaitu sedalam 5 hingga 10 cm dan juga biarkan air tersebut untuk kurang lebih selama dua atau tiga hari. Setelah itu, nantinya lakukan pengairan untuk air kolam tersebut dan isi sampai air mencapai pada tinggi 100 cm dari bagian dasar kolam yang digunakan itu tadi.

Penyebaran Bibit Ikan Nila dan Pemeliharaan Ikan dengan Rajin

Tentunya saat melakukan budidaya ikan nila, perlu melakukan penyebaran bibit ikan nila tersebut dengan cara membelinya di pasar maupun juga mendapatkannya secara langsung dari para indukan ikan nila yang tersedia dan siap untuk dibudidayakan. Setelah melakukan penyebaran bibit ikan nila yang berkualitas baik tadi, selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu pastikan bahwa pemeliharaan yang dilakukan berjalan dengan baik sehingga pertumbuhan ikan nila bisa berjalan dengan lancar dan sehat. Termasuk juga dengan mengganti air yang digunakan di dalam kolam secara rutin dan berikan makanan dalam bentuk pelet secara rutin sehingga mereka terjaga nutrisinya.

Alfafarm menawarkan solusi budidaya ikan nila terbaik. Termasuk pengiriman bibit berkualitas ke area Palembang, Pekanbaru, dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp