Tips Budidaya Ikan Air Tawar Yang Benar

Kamu inginkan tahu cara budidaya ikan galah maupun ikan air tawar yang lainnya. Jangan sampai nanti kamu salah langkah supaya bisnis yang sedang dijalankan tersebut bisa mendapatkan kesuksesan. 

Tahu cara budidaya ikan air tawar yang benar sangat penting jika memang ingin mendapatkan sebuah peluang usaha yang sedang populer dan memberikan keuntungan ini. Budidaya ikan air tawar ini sangat mudah dilakukan dan tidak akan mengeluarkan biaya yang besar. 

Apa lagi saat ini sudah banyak sekali inovasi dalam melakukan penghematan biaya, seperti memanfaatkan kolam terpal untuk menggantikan kolam yang terbuat dari beton. Ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa dibudidayakan, yaitu ikan nila, ikan lele, bawal, gabus, patin, belut, guramih dan graskap. 

Berbagai Macam Cara untuk Budidaya Ikan Air Tawar

Pastinya sekarang ini akan banyak yang tertarik dengan budidaya ikan air tawar, bahkan saat ini jangkauan pengiriman luar Jawa Palembang, Kupang, Makassar dan di berbagai kota di Indonesia sedang marak-maraknya. Jika kamu tertarik untuk membudidayakan ikan air tawar berikut ini adalah langkahnya :

1. Persiapan Lahan yang Tepat

Lahan yang tepat ini penting sekali, misalnya mempersiapkan kolam sesuai dengan jenis ikan yang akan dibudidayakan. Pastikan jika ke dalam kolam beserta paparan sinar matahari sudah sesuai dengan standar budidaya ikan. 

Jika kami mempersiapkan lahan dengan baik, hal ini bisa membantu pertumbuhan ikan menjadi lebih baik. Kamu bisa memilih berbagai jenis kolam, misalnya kolam beton, kolam tanah, kolam terpal atau akuarium yang bisa dijadikan sarana untuk perkembangbiakan bibit pada ikan air tawar. 

Jika ingin biaya yang lebih hemat dapat menggunakan kolam terpal yang pastinya kuat dan tebal. Penting juga untuk mengetahui ketersediaan lingkungan yang mendukung, seperti tinggi kolam yang dihitung dari atas permukaan air laut dan juga suhu air. 

Hal ini nantinya bisa berpengaruh terhadap hidup budidaya ikan patin, ikan mas, ikan lele dll yang akan dikembangkan. Ada beberapa ikan yang suhunya harus betul-betul dijaga agar dapat bertahan hidup. Suhu tertentu juga bisa berpengaruh terhadap kualitas telur yang akan dihasilkan.

2. Siapkan Bibit Berkualitas

Pilih ikan sesuai karakteristik wilayah supaya lebih mudah untuk merawatnya, bibit ikan air tawar harus berkualitas unggul dan sehat, bebas dari berbagai macam penyakit. Hal ini bisa lebih mempercepat waktu panenan hingga 30% dari estimasi waktu awal panen yang seharusnya.

Tidak perlu bingung cari bibit berkualitas. Bibit ikan air tawar berkualitas dari Alfafarm. Melayani pengiriman ke berbagai wilayah di Indonesia termasuk Kediri, Balikpapan, Palangkaraya dan lainnya.

3. Tebarkan Bibit Ikan Menyesuaikan Luas Kolam

Ketika kamu akan menebarkan bibit ikan air tawar pastikan sudah menyesuaikan dengan luas kolam beserta kepadatannya. Sebelum menebarkannya  bisa lepaskan lebih dahulu di tempat yang mempunyai suhu air sama dengan kolam. 

Tujuannya supaya nantinya ikan lebih mudah melakukan adaptasi suhu dan juga kadar oksigen yang ada di kolam. Cara ini juga bisa mengurangi untuk membuat ikan tidak stres.

4. Memberikan Pakan dan Vitamin

Jangan memberikan pakan dengan berlebihan dan jangan dilakukan setiap hari, karena sudah ada hewan kecil di kolam dan juga plankton yang bisa memenuhi nutrisinya. Berikan pakan minimal satu hari 2 kali di pagi dan sore hari. 

Memberikan pakan ikan secara berlebihan dapat membuat ikan mengalami keracunan, kamu bisa memberi pakan 3 % – 4 % dari bobot ikan tersebut. Supaya lebih meningkatkan pertumbuhan ikan, berikan juga vitamin maupun makanan ekstra yang mudah ditemukan di toko pakan. 

Tinggalkan Balasan

Order Via WhatsApp