Tertarik Menggeluti Bisnis Budidaya? Udang Galah bisa Dicoba

Anda tertarik menggeluti bisnis budidaya namun masih belum tahu budidaya apa yang sebaiknya dilakukan? Anda dapat mempertimbangkan udang galah untuk dibudidaya.

Keuntungan dari melakukan budidaya udang galah adalah hemat biaya dan tempat, Anda bisa melakukannya di rumah serta memiliki potensi berkembang yang cukup tinggi sehingga tidak rugi jika dicoba oleh Anda yang masih pemula.

Sehingga bisa disimpulkan kalau melakukan budidaya udang galah tidak kalah dari melakukan budidaya ikan nila, bawal, patin, gabus dan lainnya.

Langkah Budidaya Udang Galah

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba budidaya udang galah, berikut akan kami bahas beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk melakukannya.

  • Mempersiapkan Kolam Terpal

Udang galah lebih menyukai tanah yang tidak berlumpur dan berpasir, oleh sebab itu sangat cocok apabila Anda menyiapkan kolam terpal.

Dalam proses persiapan kolam terpal untuk udang galah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yaitu dasar kolam yang rata, filter atau penyaring serta proses lainnya yang dibutuhkan.

  • Menebarkan Bibit Udang Galah

Proses penebaran bibit udang galah perlu dilakukan dengan seksama. Sebab bibit udang galah perlu diberikan perlakuan khusus.

Ada baiknya sebelum melakukan penebaran bibit udang galah, Anda menuangkan suplemen dengan dosis 6 ml ke dalam air, kemudian campur hingga rata.

Tuangkan air tersebut ke dalam kolam seminggu sebelum waktunya penebaran bibit. Setelah satu minggu, bibit sudah mulai dapat ditebarkan.

Perlu diingat kalau bibit perlu disesuaikan terlebih dahulu supaya tidak stres dan mati. Caranya adalah dengan memasukkan kantong yang berisi bibit udang ke dalam air kolam selama 20 menit.

Setelah 20 menit, Anda bisa coba membuka kantong kemudian biarkan bibit udang galah tersebut masuk ke kolam.

Disarankan untuk menyebar bibit udang galah sebanyak 5 sampai 7 ekor/m2.

  • Memilih Pakan Udang Galah

Terdapat dua jenis pakan udang galah yaitu buatan dan alami.

Pakan Buatan

Biasanya, pakan buatan dipakai untuk pakan utama dari udang galah. Sebab pakan buatan telah dibuat dengan seimbang supaya dapat memenuhi kebutuhan  udang galah.

Disarankan untuk memilih pakan buatan yang memiliki kandungan protein sebanyak 30 %. Pemberian makanan dengan kandungan protein tinggi ini dimaksudkan agar udang bisa tumbuh sehat dan cepat besar.

Makanan untuk udang galah sebaiknya diberikan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari. Kecuali jika sudah ada banyak makanan di kolam, Anda bisa memberikan makanan hanya 2 kali.

Pakan Alami

Pakan alami adalah pakan yang sudah terbentuk sejak kolam sedang dipersiapkan. Umumnya makanan ini belum bisa mencukupi kebutuhan dari udang galah.

Beberapa contoh dari pakan alami untuk udang galah adalah phytoplankton, zooplankton dan mikroorganisme air.

Dianjurkan untuk memberikan makan kepada udang galah sebanyak 3 sampai 4 kali dalam satu hari. Anda dapat memberikan makanan buatan 2 sampai 3 kali sementara untuk pakan alami bisa diberikan 1 sampai 2 kali sehari.

  • Merawat Udang Galah

Untuk bisa merawat udang galah dengan baik, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti  pembersihan kolam, mengganti air kolam serta memantau udang galah dari hama dan penyakit yang mungkin menyerang serta memberikan makanan tambahan seperti vitamin supaya udang galah milik Anda dapat tumbuh besar dengan sehat.

Itulah beberapa informasi penting mengenai budidaya udang galah untuk Anda yang ingin coba melakukan budidaya udang galah. Untuk solusi budidaya ikan dan udang terbaik, jangan ragu mengunjungi Alfa Farm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp