Sebelum Budidaya Di Ambon, Kenali Penyakit Ikan Nila Dan Cara Mengatasinya

Ikan Nila Di Ambon – Pada dasarnya ikan Nila termasuk salah satu jenis ikan yang terbilang kuat, dan relatif tahan terhadap penyakit yang ada. Namun demikian, bukan berarti bahwa ikan tersebut tidak pernah punya penyakit. Secara umum, ada 2 jenis tipe penyakit ikan nila, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Ulasan kali ini akan membahasnya untuk Anda , berikut bagaimana cara mengatasinya. Terutama bagi Ada yang tinggal di Ambon dan ingin membudidayakannya, maka perlu membaca ulasan kali ini hingga selesai.

Penyakit menular

Adapun jenis penyakit ikan nila yang termasuk menular atau penyakit infeksi antara lain :

1. Trichodina sp.

Ini termasuk penyakit yang berasal dari mikroorganisme, yang nantinya jadi parasit pada ikan tawar atau juga pada ikan air laut. Jenis parasit ini nantinya akan menyerang bagian luar tubuh ikan, mulai dari insang, sirip atau juga kulit. Ikan yang terkena penyakit ini, mempunyai tanda yang jelas, dimana terdapat luka pada organ yang diserang penyakit tersebut.

Anda dapat mencegahnya dengan menjaga sanitasi pada kolam, serta memasang filter air atau juga bak pengendapan pada instalasi pengairan kolam. Sedangkan untuk pengobatannya sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan larutan garam / NaCl sebanyak 500 hingga 100 mg/liter pada ikan yang sedang sakit. Atau Anda dapat menggunakan larutan formalin sekitar 25 mg/liter. Tentunya ikan yang sakit akan dipisah dengan ikan yang sehat.

2. Dari jenis jamur

Jenis jamur ini biasanya menyerang bagian telur benih ikan atau juga pada larva. Sama seperti sebelumnya, dimana bagian tubuh yang diserang adalah bagian luar. Ikan yang sakit terdapat seperti benang halus berwarna putih atau kecoklatan.

Adapun cara mengobati penyakit yang satu ini  dengan 3 cara yaitu dengan merendam telur atau ikan yang sakit bersama larutan malachite green sebanyak 1 mg .liter, lakukan selama 1 jam. Cara lainnya adalah dengan menggunakan NaCl sebanyak 5g/liter , selama kurang lebih 15 menit. Cara terakhir adalah menggunakan larutan formalin sebanyak 200 hingga 300 mg/liter selama 1 hingga 3 jam.   

Penyakit tidak menular  

Selain penyakit menular ikan nila ada juga penyakit tidak menular, dimana penyakit yang satu ini biasanya terjadi lantaran disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

1. Dari kualitas air

Kualitas air yang buruk, pastinya membahayakan kesehatan ikan itu sendiri. Dalam hal ini pastikan saluran air yang digunakan lancar, baik yang masuk dan keluar. Jika Anda menyalurkan air untuk beberapa kolom sekaligus, sebaiknya gunakan bak penyaring terlebih dahulu, agar kondisi ikan tetap terjaga kesegarannya.

2. Dari pakan yang diberikan

Ketika memberikan pakan, harus tepat, karena pakan yang tidak habis, nantinya mengendap di dasar kolam, dan nantinya mampu menurunkan kualitas air, serta menimbulkan gas berbahaya bagi ikan itu sendiri.

3. Keracunan

Sama seperti sebelumnya, pemberian pakan yang salah, dapat menyebabkan keracunan pada ikan. Terutama pakan yang sudah kadaluarsa, nantinya mampu membuat senyawa beracun tertentu dari dalam kolam.  

4. Penanganan ikan

Dalam menangani ikan nila sebaiknya dilakukan secara berhati-hati, terutama dalam proses penebaran dan pemindahan ikan. Jangan sampai tubuh ikan terluka, terutama terkena jaring atau benda keras lainnya. Karena jika luka tersebut, dibiarkan akan menimbulkan penyakit tertentu pada ikan.

Untuk mengatasi penyakit ikan nila seperti ini, ada baiknya jika Anda sejak awal memilih bibit ikan yang berkualitas, seperti yang disediakan oleh Alfa Farm. Selain itu, pastikan kolam yang digunakan juga selalu terjaga kebersihannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp