Potensi Ternak Belut Di Pangkal Pinang Cukup Menarik

Ternak Belut Di Pangkal Pinang – Banyak orang masih meremehkan potensi ternak belut di daerah Pangkal Pinang. Padahal dari banyak pengakuan peternak belut, hasil keuntungan yang bisa dinikmati cukup banyak. Bagi Anda yang tertarik menggali potensi ternak belut ini, mari bahas lebih dalam pada artikel ini!

Apa Saja Kelebihan Ternak Belut?

Kelebihan ternak belut dapat dilihat dengan jelas dari beberapa segi. Mari bahas kelebihan tersebut pada bagian ini:

1. Bisa Menjadi Kuliner Menarik

Pengembangan kuliner belut masih cukup tinggi. Hidangan seperti belut bakar, keripik belut dan sate belut, masih sangat laku di masyarakat PangkalPinang. Alasan mengapa hasil olahan belut ini laku adalah cita rasa dan juga harganya yang terjangkau.

Belut sendiri dapat dipisahkan menjadi banyak jenis. Belut sawah sangat cocok dijadikan keripik karena bentuknya yang kecil – kecil dan renyah setelah diolah. Sedangkan belut sidat, ukurannya sangat besar dan bisa jadi olahan hidangan Jepang yaitu Kabayaki. Belut sidat untuk Kabayaki sering dijuluki unagi. Dagingnya yang tebal dan dibakar dengan bumbu khas Jepang, sering menjadikan harga jual belut jenis sidat sangat tinggi.

2. Memenuhi Berbagai Segmen Pasar

Kelebihan berikutnya dari belut adalah pemenuhan berbagai segmen pasar. Belut bisa dijual pada segment murah. Pada segment ini, Anda jual belut sawah dan belut biasa. Harganya yang murah pasti disukai masyarakat sebagai alternatif hidangan sehari – hari.

Untuk pemilihan segmen pasar harga mahal, Anda bisa jual belut sidat. Jika menarget restoran dan hotel yang sajikan olahan unagi, Anda bisa patok harga sidat sampai 75 ribu rupiah per 100 gram-nya. Padahal untuk kebutuhan perawatan, Anda rata – rata hanya keluar 20 sampai 30 ribu saja per ekor belut sidat. Keuntungan yang di dapat cukup besar bukan?

3. Biaya Mulai Ternak Tidak Mahal

Potensi ternak belut bisa dilihat juga dari segi pengeluaran. Jika ternak belut di Pangkal Pinang, Anda tidak akan perlu keluar banyak uang. Belut bisa dibudidaya hanya dengan media sawah ataupun kolam lumpur. Makanan belut sendiri tidak sulit, cukup serangga, ikan kecil, cacing dan pelet. Karena faktor ini, pengeluaran Anda tidak akan terlalu besar selama proses perawatan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mulai Bisnis Ternak Belut

Walaupun banyak potensinya, Anda tetap tidak boleh sembarangan dalam mulai bisnis ini. Cara sukses ternak belut harus diisi dengan proses yang tepat. Contoh saja dalam menentukan sumber bibit yang digunakan, pemasaran belut dan juga pengembangan usaha Anda harus benar – benar direncanakan.

Untuk bibit, sangat disarankan Anda beli dari Alfa Farm yang terletak di Jawa Timur, Disana yang menyediakan benih belut maupun benih ikan lainnya. Di sini, Anda akan temukan persilangan benih belut yang berkualitas tinggi. Selain itu, di Jawa Timur, peternakan sidat yang besar sudah ada banyak dibandingkan tempat lain. Jadi Anda bisa nikmati akses ke benih sidat yang lebih beragam.

Untuk pemasaran, coba cari rekan bisnis yang bisa jadi pelanggan tetap. Contoh saja produsen keripik ikan dan belut. Di Pangkal Pinang, produsen seperti ini ada banyak. Anda hanya perlu strategy untuk mendekati mereka agar bisa jadi supplier.

Pemasaran lain juga bisa dilakukan lewat jalur online. Di era modern ini, perdagangan produk lewat online jauh lebih menguntungkan. Selain itu, dari platform online, Anda bisa dapatkan konsumen dari luar Pangkal Pinang lebih mudah.

Tertarik Ternak Belut Sidat?

Sekian bahasan Potensi ternak belut di Pangkal Pinang. Mudah – mudahan artikel ini bisa jadi inspirasi dan menguntungkan bagi Anda! Jangan malu mulai usaha ternak belut karena memang bisa hasilkan keuntungan besar. Karena dari itu, mari mulai ternak belut dan sidat sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp