Peminat Ikan Koi Di Bima Jadi Meningkat, Ini Tips Cara Merawat Ikan Koi

Ikan Koi Di Bima – Di masa pandemi seperti sekarang ini, membuat banyak orang yang kesulitan untuk beraktivitas di luar ruangan. Di Bima NTB ada cara unik untuk mengatasi rasa bosan ketika harus diam diri rumah, yaitu dengan memelihara ikan Koi. Ini juga yang jadi salah satu alasan, kenapa peminat ikan koi jadi meningkat. Namun Anda tidak tahu bagaimana cara merawat ikan koi dengan baik, maka ikan koi akan cepat mati.

Cara Merawat Ikan Koi

Jadi ketika Anda berminat untuk memeliharanya juga, ini tips atau cara merawat ikan koi, agar tidak cepat mati.

1. Pilih kolam ikan yang tepat

Adapun cara merawat ikan Koi yang pertama harus Anda perhatikan adalah memilih kolam ikan yang tepat. dalam hal ini, Anda dapat memilih berbagai macam jenis kolam, namun pastikan kedalaman kolam tersebut, setidaknya 50 cm. Namu lebih baik, jika Anda membuatnya jadi sekitar 1 m, agar mampu menampung air hingga 1100 liter untuk setiap ikan yang ada.

Sedangkan untuk masalah lebar kolam, tidak ada ukuran yang pasti.  Hanya saja, pastikan ikan mempunyai ruang gerak yang cukup, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

2. Gunakan air bersih untuk mengisi kolam

Adapun tips berikutnya yang perlu Anda tahu adalah, ketika mengisi air di kolam, sebaiknya jangan langsung memasukkan ikan kedalam air kolam tersebut. Sebaiknya direndam terlebih dahulu kolam selama beberapa hari, baru kemudian diisi ikan. Hal ini penting, agar ikan tidak mudah mati, karena senyawa kimia yang mungkin menempel di permukaan kolam.

Setelah 1 minggu atau lebih, sebaiknya kuras air, untuk menggantinya dengan air yang baru. Agar aman, dengan air yang baru, Anda dapat mengujinya dengan menggunakan 1 ikan terlebih dahulu, jika dinilai aman, baru masukkan ikan koi lainnya.

3. Memasang filter air

Pada saat Anda kan memelihara ikan Koi, Anda juga perlu menjaga kualitas air yang digunakan. Kali ini Anda perlu memasang filter air, fungsinya tidak lain untuk menyaring kotoran halus, serta mengurai racun amonia dari sisa pro pencernaan ikan itu sendiri. Hasilnya ikan kebersihan kolam akan selalu terjaga dan ikan akan selalu sehat.

4. Beli bibit ikan koi yang sehat

Satu hal yang pasti, ketika Anda akan merawat ikan koi, sudah pasti, Anda harus membeli ikan koi atau bibit yang berkualitas. Untuk mencari bibit yang berkualitas, tentunya Anda tidak boleh sembarangan, Anda dapat mengunjungi Alfa Farm, sebagai tempat pembibitan ikan yang berkualitas. Jangan tergoda dengan harga ikan yang murah. Karena yang harus Anda perhatikan kali ini adalah ikan yang sehat, dan ikan yang sehat, tentunya memerlukan waktu, agar dapat menyesuaikan diri dengan situasi kolam yang baru.

5. Hias kolam dengan tanaman air

Agar ikan betah tinggal dalam kolam dan tidak merasa stress, sebaiknya hiasi kolam tersebut dengan beberapa tanaman air. Selain jadi hiasan, tanaman tersebut nantinya juga jadi nutrisi tambahan alami untuk ikan tersebut. Adapun jenis tanaman yang dapat Anda pilih antara lain tanaman alga, atau juga duckweed.

6. Beri pelet yang berkualitas

Agar ikan senantiasa sehat, maka Anda juga perlu memberikan nutrisi yang baik, salah satunya dengan memberikan pelet yang baik, dan berkualitas. Dalam hal ini pilih pelet yang mengandung protein tinggi, dengan kandungan lebih dari 30%, sedangkan kandungan lemak yang dibutuhkan sekitar 5%. Sebelum diberikan pada ikan, sebaiknya direndam terlebih dahulu pelet selama 30 hingga 60 detik.

Demikianlah beberapa ulasan tentang bagaimana cara merawat ikan koi dengan baik, agar tidak mudah mati.

Tinggalkan Balasan

Order Via WhatsApp