Memahami Keuntungan Usaha Ikan Dan Tantangannya dalam Bisnis

Usaha ikan cukup menjanjikan. Terutama ikan yang menjadi bahan konsumsi sehari-hari masyarakat Indonesia. Ikan nila adalah salah satunya, dan anda bisa memulai mendapatkan pendapatan utama dengan membuka bisnis ikan nila anda sendiri. 

Namun, setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungan usaha ikan memang dipandang cukup tinggi dengan banyaknya permintaan dari masyarakat sehari-harinya. Namun di sisi lain, juga terdapat banyak resiko dan tantangan dalam menjalankan bisnisnya.

Tidak perlu takut karena jika fokus pada peluang dan meningkatkan kualitas, maka mendapatkan keuntungan yang maksimal dari usaha yang dibuka bukanlah hal yang mustahil. Penasaran dengan ulasan terkait analisis dalam bisnis ikan? Simak ulasan berikut sampai selesai.

Keuntungan Usaha Ikan

Usaha ikan memiliki banyak aspek yang menjadi keuntungannya, di samping permintaan yang ada setiap harinya, juga modal yang dikeluarkan di awal bisa ditekan seminimal mungkin. Salah satu ikan yang terus mendapatkan permintaan tiap harinya adalah ikan nila dan lele.

Ikan nila memiliki prospek yang cukup menguntungkan karena sedikitnya pesaing dan banyaknya permintaan jika dibandingkan dengan ikan lele. Keuntungan bisnis ikan nila bisa anda raup dengan memaksimalkan sedikitnya pesaing yang ada di lapangan.

Sebagian besar pebisnis ikan nila adalah para pemain lama atau pebisnis tua, dan sisanya adalah pemain yang sudah sangat handal. Tantangan ini sepadan dengan sedikitnya pesaing yang akan anda temukan di kemudian harinya.

Namun di sisi lain, meskipun memiliki pesaing yang lebih banyak daripada ikan nila, harga jual ikan lele dinilai lebih tinggi karena rasanya yang lebih nikmat. Selain itu, lele juga lebih sering diborong oleh para pengusaha pecel lele di jalan, karena membutuhkan stok yang lebih banyak. 

Jadi keduanya memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing jika dibandingkan. 

Tantangan Usaha Ikan

Usaha ikan tidak hanya memiliki prospek keuntungan, tetapi juga tantangannya sendiri. Oleh karena itu, penting tidak hanya memahami kemungkinan keuntungan usaha ikan tetapi juga perlu memahami tantangan yang ada di hadapannya.

Baik ikan nila dan ikan lele memiliki kemungkinan yang sama untuk kematian ketika menebar bibit ikan. Ikan nila memiliki kemampuan hidup yang tidak terlalu tinggi. Dampaknya adalah kemungkinan kematian yang cukup tinggi ketika masih berusaha membesarkannya.

Di sisi lain, ikan lele yang memiliki kemampuan hidup tinggi cenderung punya kebiasaan kanibal di mana ikan yang lebih besar berkemungkinan memakan ikan lele yang lebih kecil. Keuntungan ternak ikan anda bisa tertekan jika tidak mempersiapkan diri untuk kemungkinan ini. 

Selain itu, anda juga perlu mengoptimalkan Teknik dan cara pemasaran yang anda gunakan. Tanpa Teknik pemasaran yang tepat, bisnis ikan justru akan mangkrak dan tidak berjalan. Hal ini juga dipengaruhi dengan jaringan atau network yang anda miliki.

Jika memiliki network yang baik kepada sesama pengusaha ikan yang bergerak di pengolahan dan anda seorang pembudidaya, maka jaga hubungan tersebut dan gunakan secara maksimal. Begitu pula jika memiliki network yang baik di antara pembudidaya anda juga perlu menjaganya dengan baik.

Anda menginginkan bibit ikan yang berkualitas dan memiliki harga terjangkau? Langsung saja periksa alamat web Alfa Farm untuk mendapatkan bibit ikan dengan harga terbaik dengan kualitas yang tidak perlu dipertanyakan kualitasnya.

Itulah ulasan tentang analisis keuntungan usaha ikan beserta tantangan yang menyertainya untuk referensi anda ketika hendak memulai bisnis.

Tinggalkan Balasan

Order Via WhatsApp