Mau Beli Bibit Ikan Tawar, Kenali Ciri Unggul untuk Sukses Budidaya Ikan

Semakin berkembangnya budidaya ikan di kalangan masyarakat menjadikan bisnis ini sangat menjanjikan untuk dikelola. Mengingat sumber daya dan kekayaan alam di Indonesia yang sangat tersedia. Maka ikan air tawar sendiri sebenarnya adalah kebutuhan pokok tiap manusia untuk bisa memenuhi kebutuhan hewani mereka. 

Karena ini adalah kebutuhan, maka penting bagi Anda untuk memperhatikan juga kualitas dari produk ikan yang dihasilkan. Karena kebersihan ikan yang akan Anda konsumsi nantinya akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Itulah mengapa semua aspek yang memenuhi kualitas ikan yang akan dipilih sebenarnya berasal dari benih atau bibit ikan itu sendiri. 

Memang sangat dibutuhkan bibit ikan yang baik agar bisa di budidayakan dengan baik pula. Sehingga nantinya akan lahir kualitas ikan benih yang baik dari kesehatan dan fisik. 

Pasalnya, kegagalan dari budidaya ikan air tawar sering kali akan memiliki risiko yang besar jika benih yang digunakan adalah benis asal-asalan. Maksudnya, ketika Anda akan budidaya ikan nila, patin, bawal, belit, gabus, gurami dan lainnya pastikan memilih bibit yang memiliki mutu dan kualitas. Sehingga resiko kegagalan panen tidak akan Anda alami. 

Memilih bibit yang salah akan memberikan kegagalan panen, hal ini tentu saja akan menyebabkan kerugian untuk Anda. Untuk itu, ketika Anda ingin melakukan budidaya ikan air tawar ada beberapa ciri benih unggulan yang harus Anda tanyakan ke penjual bibit ikan. Diantaranya:

Tingkat Pertumbuhan Ikan

Untuk jenis benih ikan air tawar jenis apapun yang baru saja menetes, biasanya akan ditempatkan pada satu wadah yang sama. Dan proses penempatan ini dilakukan karena menjadi salah satu cara untuk melakukan proses sortir dari benih ikan. Dan biasanya untuk ciri pertama dari benih ikan yang berkualitas adalah memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan yang lain. 

Benih ikan yang memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dari pada yang lainnya adalah yang paling cocok untuk dibudidayakan. Dan sebaliknya, untuk jenis ikan yang kecil di masa sortir maka akan besar kemungkinan jika bibit ini bertumbuh dengan sangat lambat nantinya. 

Responsif dan Agresif

Ciri selanjutnya dari benih ikan air tawar yang berkualitas terbaik adalah memiliki respon yang bagus dan juga agresif secara gerakan. Bibit ikan air tawar yang sehat dan juga berkualitas akan cenderung lebih agresif jika mereka mendapat gangguan dari sekitarnya. Untuk menguji apakah benih ikan ini responsif dan agresif adalah dengan menempatkannya di air dengan arus. Jika benih ikan air tawar dalam kondisi sehat dan agresif maka akan melawan arus dan ikan yang tak responsif akan terbawa arus. 

Resistensi dari Hama dan Penyakit

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengetahui kualitas dari bibit ikan gurame, nila, lele, patin, gabus dan lainnya untuk dipilih. Anda harus bisa memastikan seperti apa kondisi fisik dan kesehatan dari benih ikan tersebut. Kesehatan dari benih ikan sendiri memang sangat penting untuk Anda ketahui. Karena untuk menurunkan resiko terjadinya kematian dan meminimalkan kerugian. 

Satu ciri yang paling terlihat adalah, Anda harus memastikan jika warna dari ikan tidak pucat, bagian sisiknya teratur dan lengkap serta tidak membawa jenis parasit dan penyakit. 

Jika saat Anda mencari benih ikan yang sehat dan memenuhi ciri – ciri tersebut, maka besar kemungkinan jika Anda bisa melakukan budidaya ikan dengan sukses. Dengan begitu resiko kegagalan juga sangat minim terjadi. Alfafarm siap menyediakan bibit ikan berkualitas dengan jaminan pengiriman ke berbagai kota di Jawa dan luar Jawa, dari Kediri sampai Palangkaraya dan daerah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp