Kendala Ternak Ikan Gurame Untuk Pemula Di Kawasan Jakarta

Ikan Gurame di Kawasan Jakarta – Terutama bagi Anda para pemula yang ingin ternak ikan Gurame, ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu aneka kendala ternak ikan Gurame tersebut sejak awal. Langkah ini tentunya perlu Anda lakukan, agar mudah melakukan pencegahan di masa depan. Apalagi ternak ikan Gurame ini terbilang sulit untuk para pemula.  

1. Proses panen yang tergolong lama

Adapun kendala ternak ikan Gurame yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah proses panen yang tergolong lama. Dibanding ternak ikan jenis lainnya, budidaya ikan Gurame ini terbilang cukup lama. Dimana proses panennya sendiri memakan waktu hampir 1 tahun lamanya.

Tentunya hal tersebut akan berimbas pada perputaran modal yang harus dilakukan, dimana Anda harus menyiapkan modal awal yang besar, untuk melakukan budidaya ikan Gurame tersebut.

Adapun cara untuk mengatasi masalah seperti ini, terutama Anda yang saat ini tinggal di Jakarta, adalah dengan membeli bibit yang ukurannya sudah agak besar, biasanya sebesar bungkus rokok. Hal tersebut dilakukan agar proses panen jadi lebih cepat.

2. Ukuran kolam

Dalam melakukan budidaya ikan Gurame, Anda juga perlu memperhatikan ukuran kolam yang akan digunakan. Karena hal ini akan berimbas pada hasil panen yang akan didapat. Untuk budidaya ikan Gurame per meter persegi, hanya mampu menampung sekitar 20 ekor saja, tentunya hal tersebut sudah menggunakan teknik budidaya terpadu.

Selain itu pastikan juga kolam yang dibuat sudah dilengkapi dengan sirkulasi yang baik, agar padat tebar ikan gurame jadi lebih tinggi.  

3. Pemasaran

Kendala berikutnya adalah masalah pemasaran. Karena proses budidayanya yang terbilang sulit, dan juga proses panennya yang lama, maka hal tersebut berimbas pada harga jual Gurame yang terbilang mahal, dibanding jenis ikan lainnya.  

Untuk mengatasi masalah seperti ini, dibanding Anda menjual secara langsung ke pasaran. Akan lebih baik, jika Anda bekerja sama dengan rumah makan yang menyajikan menu ikan Gurame di dalamnya. Baik itu rumah makan masakan tradisional, atau juga rumah makan seafood. Apalagi di Jakarta sendiri, rumah makan yang menawarkan menu makanan ikan Gurame terbilang cukup banyak. Sedikit banyak, ini akan jadi peluang bisnis yang menarik untuk Anda jalankan.

4. Penyakit      

Satu lagi kendala, yang tidak banyak orang ketahui adalah, ikan Gurame juga ternyata rentan terhadap penyakit, dan termasuk ikan yang mudah sekali stress.

Untuk jenis penyakit yang sering kali muncul pada ikan gurame adalah, penyakit jamur dan parasit. Dimana jamur dan parasit tersebut yang nantinya menempel di salah satu tubuh ikan. Jika hal tersebut sampai terjadi, sebaiknya pisahkan langsung dengan ikan lainnya yang ada di kolam, agar tidak menular.

Mengingat usia panen ikan Gurame yang terbilang lama, biasanya para pembudidaya, mengatasinya dengan memberikan pakan tambahan. Tapi yang tidak disadari adalah pakan tambahan ini, justru akan membuat ikan mengalami pecah-pecah di bagian sirip ikan, lantaran terlalu banyak mengkonsumsi makanan tambahan. Adapun ciri ikan yang mengalami hal tersebut, adalah adanya koreng atau luka di bagian tubuhnya. Jika demikian, maka tidak lama lagi, ikan akan mati.

Bagi Anda yang saat ini tinggal di kawasan Jakarta dan ingin melakukan budidaya ikan Gurame, sebaiknya mempelajari aneka kendala ternak ikan, agar kelak mampu melakukan budidaya ikan Gurame secara lebih baik. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memilih bibit ikan gurame unggulan, agar hasilnya juga baik. Di Alfa Farm misalnya tersedia bibit ikan Gurame berkualitas, yang dapat dikirim ke seluruh Indonesia, termasuk ke daerah Jakarta. Ini akan jadi salah satu pembelian bibit yang paling praktis dan mudah untuk Anda lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp