Jenis Ikan Gurame Dan Cara Perawatannya Ala Petani Papua

Ikan gurame di Papua – Ikan gurame memang merupakan jenis ikan yang banyak peminatnya, baik itu dalam bidang budidaya hingga kuliner. Ikan ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah dan hingga sampai saat ini terus dikembangkan sehingga omset yang didapatkan juga meningkat. 

Jenis Ikan Gurame

Tapi tahukah Anda bahwa ikan gurame ini tidak hanya mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh dan otak, melainkan ikan tersebut juga memiliki banyak jenis. Untuk itu, berikut ini ada beberapa informasi yang bisa Anda lihat.

1. Gurame Bastar

Untuk jenis yang pertama yaitu gurame bastar. Di mana ikan gurame jenis ini merupakan gurame yang memang paling cepat berkembang dengan baik dan sangat mudah untuk dikembang-biakan. Selain itu, untuk ciri-ciri ikan ini yaitu memiliki tubuh yang besar dan beratnya bisa pula mencapai hingga 3 kg dalam jangka waktu panen kurang lebih sekitar 1 tahun. Kemudian ikan gurame jenis ini juga memiliki keunikan tersendiri yakni pada bentuk tubuhnya dan juga ciri khasnya.

2. Ikan Gurame Padang

Berikutnya ada pula ikan gurame padang, yang mana ikan ini memang berasal dari Padang. Meskipun demikian, ikan gurame jenis ini juga bisa Anda temui di beberapa sungai yang berada di beberapa wilayah  selain Padang. 

Kemudian ikan gurame jenis ini merupakan ikan hasil persilangan antara jenis gurame lainnya sehingga memang memiliki perbedaan seperti gurame pada umumnya. Selain itu, jenis ikan gurame ini bisa menghasilkan 3000 telur untuk sekali pemijahannya sehingga membuat ikan gurame Padang ini menjadi lebih unggul dibandingkan dengan ikan gurame lainnya.

3. Ikan Gurame Soang

Ikan gurame soang dikenal juga dengan nama lain yaitu gurame jenis angsa. Meskipun terdengar unik, yang mana nama tersebut diambil karena memang pada bagian kepala ikan gurame soang ini sedikit menonjol layaknya seperti angsa.

Tapi, perbedaan ini memang belum terlihat jelas terutama pada saat ikan gurame masih kecil. Namun, jika ikan tersebut sudah memasuki usia dewasa terlebih lagi siap panen maka akan terlihat tonjolannya pada bagian kepala ikan tersebut. Tak hanya itu saja, ikan gurame jenis ini memang banyak ditemui di daerah Jawa Barat dan untuk ukurannya tentu saja berbeda-beda.

Cara Tepat Dalam Merawat Ikan Gurame

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis dengan melakukan budidaya ikan gurame maka ada banyak hal yang harus Anda ketahui salah satunya mengenai cara merawat ikan gurame dengan tepat. Di mana berikut ini ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan seperti :

  1. Memilih benih ikan gurame secara tepat, berkualitas dan unggul.
  2. Sediakan kolam yang dalam.
  3. Menyediakan pakan ikan gurame yang tepat.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan bibit ikan gurame berkualitas dan unggul maka sangat disarankan buat Anda untuk memilih penyedia bibit ikan terpercaya salah satunya seperti Alfa Farm. Di mana Alfa Farm ini merupakan salah satu penyedia bibit ikan air tawar berkualitas, terlengkap dan termurah.

Disini tersedia berbagai jenis ikan air tawar yang bisa Anda pilih seperti ikan nila, lele, bawal, gurame, ikan mas, patin, gabus, grasskap, belut dan juga ikan koi. Selain itu, semua bibit ikan disini memang berkualitas dan unggul, karena Alfa Farm telah bekerja sama dengan para petani pembenihan pembudidayaan ikan yang berasal langsung dari induk ikan pilihan.

Jadi, jika Anda sedang mencari bibit ikan terdekat maka langsung saja pilih dan beli di Alfa Farm. Penyedia bibit ikan air tawar ini juga siap melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia melalui jalur darat dan udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp