Gurame Padang, Ikan Konsumsi Sekaligus Ikan Hias

Gurame Padang – Ikan ini dinamai gurame padang karena banyak ditemukan di daerah Padang. Selain dibudidayakan untuk dikonsumsi, ikan ini juga dikoleksi untuk dijadikan ikan hias disebabkan tampilan warnanya yang menarik. Ikan gurame padang memiliki keunggulan yaitu memiliki pertumbuhan yang cepat. Sekitar usia 8 bulan, ikan ini dapat dipanen dengan ukuran sekitar 500 gram. Sementara ikan gurame biasa akan memerlukan waktu sekitar 10 bulan.

Kolam ikan gurame padang

Ikan gurame padang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan konsumsi dengan tampilan menarik. Ikan gurame padang memiliki warna emas. Ikan ini memiliki rasa yang gurih dan harga yang kompetitif. Ya, harga ikan gurame padang tersebut memiliki harga jual sekitar 200 ribu – 300 ribu tiap satu kilogramnya.

Anda bisa memperkirakan ukuran kolam dengan daya tampung ikan gurame padang. Kolam dengan ukuran 1,5 x 3 meter dan kedalaman 70 cm dapat digunakan untuk menampung ikan gurame padang kecil sekitar 100 ekor.

Sebelum diberi ikan, kolam harus didiamkan sehari semalam dengan diberi pakan eceng gondok atau daun talas ataupun sente. Tujuannya supaya kolam tampak seperti habitat alami ikan dan mempercepat proses adaptasi.

Lakukan seleksi sekitar 2 bulan dengan memindahkan ikan gurame yang tampak kurang sehat. Jika sudah berusia sekitar 5 bulan, ikan gurame bisa dipindahkan separuhnya supaya ikan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Menjaga warna ikan supaya tetap menarik

Untuk mendapatkan tampilan ikan yang menarik tersebut, cara merawat ikan gurame padang harus diperhatikan. Utamanya adalah kondisi pH air dan juga pakan yang diberikan. Hal ini supaya ikan cepat berkembang dan memiliki ukuran tubuh yang besar. Sementara itu, pH air dapat diseimbangkan dengan menggunakan EM4. EM4 akan membuat oksigen dalam air meningkat dan menguraikan gas-gas berbahaya dalam kolam sehingga ikan tidak akan keracunan amoniak.

Adapun untuk pakan lain ikan gurame, Anda bisa menambahkan daun sente ataupun hasil campuran dari beberapa buah dan pelet, seperti buah pepaya, labu parang, dan pisang ambon yang dihaluskan kemudian dicampur dengan pakan pelet. Dari sini, Anda bisa mencampurkan juga EM4. Ikan akan memiliki nafsu makan yang tinggi sehingga tubuhnya kemudian besar.

Kendala yang dihadapi

Jenis ikan gurame ini masih langka di pasaran. Sehingga, peluang untuk budidaya ikan gurame padang ini sangat tinggi. Pemasaran ikan dapat dilakukan di restoran dan rumah makan.

Kendala ternak ikan gurame padang adalah pada pengaruh lingkungan. Sebagai contoh, jika suhu dan cuaca yang tidak menentu dapat menjadi kendala dalam pertumbuhan dan perkembangan ikan, bahkan dapat menyebabkan kematian. Ikan-ikan dengan ukuran yang masih kecil akan rawan mengalami kematian.

Jika Anda hendak memberikan pakan daun sente, Anda bisa memberikannya setelah dilayukan terlebih dahulu. Daun sente tersebut akan memberikan tampilan yang baik dan dapat menjaga warna merah pada ikan gurame padang.

Pelet diberikan untuk mempercepat pertumbuhan ikan gurame, namun jika terlalu berlebihan akan menyebabkan warna merah pada ikan gurame padang menjadi berkurang. Eceng gondok juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk pakan gurame padang. Tanaman ini menjadi pembersih alami kolam karena dapat menyerap kotoran dalam air kolam.

Bibit ikan gurame padang terdekat daerah Padang dan sekitarnya maupun yang ada Di Batam, Sampit, Pangkalan Bun maupun daerah lainnya bisa Anda dapatkan di Alfa Farm!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp