Cara untuk Mengatasi Hama Dan Juga Penyakit Pada Bibit Ikan Bawal Menurut Peternak Di Kupang

Bibit ikan bawal di Kupang – Bagi Anda yang berencana untuk menjadi pengusaha budidaya ikan bawal pastinya akan ada banyak hal yang memang harus untuk diketahui salah satunya adalah mengenai cara dalam pengobatan dari berbagai macam hama dan juga hama ikan bawal. Seperti yang sudah Anda ketahui  bahwa kedua hal tersebut dapat menjadi kendala yang cukup menakutkan dan dapat terjadi dalam budidaya ikan dan bisa membuat ikan tidak dapat bertahan hidup lebih lama. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai informasinya maka dapat melihatnya di bawah ini. 

Hama dan Penyakit Pada Ikan Bawal

Hama dan juga penyakit yang ada dalam ikan bawal, ikan nila citralada, gurameh, ikan emas dan lain sebagainya. Hal ini akan mengganggu proses jalannya budidaya ikan bawal air tawar. Namun, apa saja sebenarnya hama dan juga penyakit yang ada pada ikan bawal, berikut ini adalah hal yang dapat Anda lihat :

1. Penyakit Ikan Bawal 

Penyebab timbulnya sebuah penyakit yang nantinya terjadi pada ikan bawal tentu saja akan disebabkan oleh berbagai faktor seperti kondisi pada tubuh ikan yang kurang sehat, lingkungan tempat budidaya ikan yang kotor sehingga adanya kehadiran hewan patogen lainnya. Namun, untuk beberapa cara pencegahan yang dapat Anda lakukan yaitu untuk melakukan perbaikan dari kualitas air yang memang sudah memburuk. 

Lalu bagaimana caranya ? Untuk caranya yaitu Anda dapat melakukan pengeringan kolam dengan tujuan agar bisa memotong siklus hidup penyakit, melakukan pengapuran sehingga dapat membunuh penyakit dan hama, menjaga lingkungan dan juga kualitas air kolam, menebarkan buffrog, memberikan pakan tambahan sehingga dapat menghindari masuknya binatang yang lainnya dan dapat membawa penyakit, misalnya seperti siput atau burung.

2. Ular Sawah 

Ular sawah atau ular kedut adalah hewan yang mempunyai tubuh panjang dan menyerupai layaknya ikan belut, akan tetapi di bagian seluruh tubuhnya akan dipenuhi dengan sisik. Lalu untuk warna yaitu mempunyai warna coklat di bagian punggung sedangkan pada bagian perut memiliki warna putih. Ciri – ciri dari ular sawah ini mempunyai kepala yang kecil dan mulut yang cukup lebar. 

Makanan yang paling disukai oleh ular sawah ini adalah, ikan, anak kodok sampai binatang yang lainnya. Namun, ada beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya berbagai hal yang nantinya tidak diinginkan maka Anda dapat membuat sebuah pagar dengan rapat dan meletakkan pada sekeliling kolam sehingga hewan tersebut tidak dapat masuk ke dalam kolam. 

Cara untuk Mengatasi Serangan Hama di Budidaya Ikan Bawal

Agar bisa mengatasi berbagai serangan hama yang terjadi pada budidaya ikan termasuk juga ikan bawal, tentu saja akan sangat mudah untuk dilakukan, caranya :

  • Coba untuk mengering kolam yang nantinya akan dipakai dalam budidaya ikan bawal sehingga hama – hama yang ada dapat segera mati. 
  • Lalu coba dengan melakukan pengapuran terutama di saat melakukan persiapan kolam. 
  • Melakukan pemasangan saringan yang ada di pada pintu masuk sehingga hama tidak akan bisa masuk ke dalam kolam. 
  • Lakukan filtrasi sehingga air yang masuk ke wilayah kolam dapat masuk lewat filter terlebih dahulu sehingga nantinya hama – hama yang ada bisa tertahan dengan baik. 

Terlepas dari permasalahan hama tersebut ada hal yang wajib Anda tahu juga, Anda dapat membeli benih ikan terdekat yang begitu berkualitas di AlfaFarm. Menyediakan berbagai bibit ikan air tawar berkualitas terbaik seperti ikan lele, nila, bawal, gurame, patin, ikan mas, gabus, grasskap, belut dan ikan koi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp