Cara Mengobati Gurame Jamuran

Gurame SOang

CARA MENGOBATI JAMUR PADA GURAME

Perlu diketahui cara mengobati jamur pada gurame. Saat musim dingin, ikan pasti akan lebih mudah terkena penyakit. Disini kita akan fokus pada ikan gurame, yang akan menumbuhkan jamur di badannya.

GEJALA JAMUR PADA GURAME

  1. Muncul Bintik Putih

Biasanya ikan sering nampak dipermukaan dan terdapat bintik putih di badan sirip/sisik yang biasa diserang pada saat musim hujan. Bintik putih itu berbentuk seperti benang halus atau kapas putih yang menempel di badan ikan

  1. Warna Tubuh Menjadi Pucat

  2. Sisik Lepas dan Rontok

Jamur yang sudah lama menempel di badan ikan dapat menyebabkan sisik ikan rontok hingga lepas, yang menyebabkan gurame tidak bisa berenang

  1. Ikan Menjadi Kurus

 

CARA MENGOBATI IKAN GURAME JAMURAN

Ada banyak cara dan obat untuk mengatasi jamur pada ikan gurame, yaitu :

  1. Penggantian Air Kolam

Hal paling mendasar dari perawatan ikan yang sakit adalah mengganti air kolam, karena kemungkinan air kolam yang kotor dapt menumbuhkan jamur pada ikan, terutama saat musim penghujan. Lakukan juga penyedotan pada dasar kolam untuk mengangkat kotoran ikan gurami. Perlu diingat bahwa :

Mengganti air kolam ikan gurami tidak boleh dilakukan secara asal karena dapat mengubah susunan kimiawi dari air kolam. Saat mengganti air kolam, pastikan anda menyisakan ¼ dari keseluruhan kolam.

  1. Melakukan Karantina Ikan

Ikan yang sakit lebih baik dipisahkan untuk mendapatkan perawatan khusus agar tidak mempengaruhi kondisi ikan lainnya.

  1. Acriflavine

Obat jamur Acriflavine

dikenal sebagai antiseptik jamur pada ikan yang mampu mengatasi beberapa keluhan terkait masalah jamur, antara lain adalah mengatasi munculnya jamur pada ikan, infeksi kulit ikan karena jamur, Saprolegnia dan mulut ikan berjamur.

  1. Obat Jamur Red Bluedox

Obat Jamur Red BlueDox

Red Bluedox adalah obat anti bakteri/virus/jamur/parasit/kuman yang efektif mencegah penyakit udang dan ikan dengan formula baru yang super komplit. Cocok untuk ikan gurame, lele, nila, patin, mujair, dll. Cara memakai Red Bluedox :

 

DOSIS PENCEGAHAN : Ikan Kolam . Campurkan 250ml RedBluedox pada kolam ukuran 100m2 dengan ketinggian air 50cm . Atau campurkan 5ml RedBluedox dengan air 1 m3 (1000 liter) . Diberikan setiap 3-7hari sekali, atau pada saat pergantian air kolam Ikan Hias . Campurkan 1 sendok teh pada akuarium sedang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *