Cara Memilih Induk Udang Galah Terbaik

Pembahasan mengenai pemilihan penjual bibit ikan dengan tepat mungkin sudah banyak ada di internet, tetapi pemilihan untuk bibit udang galah yang akan dibudidayakan bisa menjadi sebuah hal yang lebih sulit untuk dilakukan karena sifat hewan yang berbeda itu tadi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja hal yang perlu untuk diperhatikan pada saat melakukan pemilihan induk udang galah dengan tujuan untuk budidaya udang galah sehingga nantinya bisa menghasilkan udang yang berkualitas tinggi. Simak pembahasan mengenai cara yang tepat untuk melakukan pemilihan induk berkualitas demi hasil budidaya terbaik pada udang galah seperti yang akan dijelaskan pada artikel di bawah ini.

Cara Mudah untuk Membedakan Antara Induk Betina dan Jantan

Salah satu pengetahuan yang wajib untuk diketahui saat melakukan budidaya udang galah yaitu dengan membedakan secara tepat mana yang menjadi induk betina atau jantan. Pada induk udang yang jantan, nantinya akan bisa melihat pada bagian perutnya yang lebih ramping dan juga ukuran tubuhnya yang relatif lebih pendek dan juga alat kelaminnya yang terletak di baris kelima pada pasangan kaki dengan tonjolan yang kecil. Sementara untuk induk betina, perutnya lebih berbentuk melebar dan dengan alat kelamin yang letaknya berada di pasangan kaki ketiga dengan bentuk ukuran yang juga lebih kecil dan mencolok.

Ciri Induk Udang Galah yang Berkualitas Terbaik dan Sehat

Apabila menginginkan budidaya udang galah yang sukses dan memiliki udang dengan kualitas yang tinggi, maka perlu juga untuk bisa membedakan mana yang induk sehat maupun juga tidak. Hal ini penting untuk dimiliki agar nantinya pelaksanaan dari budidaya sendiri bisa menghasilkan udang yang terbaik dan bisa dijual sehingga mendatangkan keuntungan dengan lebih besar.

Berikut ini beberapa ciri dari induk sehat yang bisa digunakan dalam budidaya udang galah diantaranya:

  1. Tubuhnya memiliki warna pada bagian kulit yang cenderung lebih kehijauan.
  2. Memiliki organ tubuh yang berjumlah lengkap, tidak ada bagian yang mengalami cacat, dan mengalami kelainan pada salah satu bagian tubuhnya.
  3. Tidak mengalami berbagai penyakit yang menyerang indukan udang tersebut.
  4. Bisa bergerak ke mana saja dengan pergerakan yang lincah dan aktif.
  5. Memiliki umur setidaknya 8 bulan dan dengan bobot tubuh yang sesuai. Setidaknya bobot tubuh yang dimiliki untuk udang jantan yaitu 50 gram dan udang betina yaitu 35 gram.
  6. Pastikan bahwa induk diambil dari tempat yang menerapkan sistem tahapan seleksi untuk melakukan pemilihan induk yang ditawarkan tersebut. Pemilihan jenis indukan untuk satu ini biasanya akan lebih terpercaya jika berasal dari instansi yang sebelumnya sudah pernah atau memiliki pengalaman terhadap proses pengindukan udang galah dengan baik.

Cek Kembali dan Pastikan Teliti Saat Melakukan Pemilihan dan Pembelian Induk Udang

Hal utama yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan hasil budidaya udang galah terbaik yaitu memastikan bahwa memiliki tingkat ketelitian yang baik saat akan melakukan pembelian atau pemilihan indukan udang galah tersebut dengan baik. Tidak perlu  untuk memilih dengan tergesa-gesa atau sembarangan, selama pemilihan dilakukan dengan hati-hati sehingga nantinya tidak akan merusak atau memberikan penyakit kepada udang yang lainnya. Jika memungkinkan, maka gunakan atau beli indukan tersebut dari tempat yang sudah terpercaya untuk melakukan pengindukan sehingga tidak perlu merasa khawatir dengan indukan yang akan dibeli karena sudah pasti terpercaya kualitasnya. Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas bisa melalui Alfa Farm yang bisa dikirim kemana saja di dalam Jawa maupun luar Jawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp