Cara Memilih Bibit Dan Cara Budidaya Udang Galah

Ingin budidaya udang galah dengan mudah? pastinya dimulai dengan bibit yang berkualitas. Selain itu pemilihan lokasi budidaya yang mendukung perkembangan udang juga sangat penting. Apalagi udang galah termasuk salah satu hewan yang mudah di budidayakan, sehingga tidak perlu bingung mencari tempat yang sesuai untuk mengembangkannya.

Bibit Udang Galah yang Bagus

Bibit udang galah yang bagus akan menghasilkan udang yang berkualitas. Lalu apa saja yang mencirikan bibit tersebut bagus? Anda harus tahu perbedaannya supaya menghasilkan panen udang galah yang berkualitas. Simak ciri-cirinya berikut ini:

  • Ukuran Tubuhnya Besar

Untuk melihat  ciri satu ini, coba bandingkan dengan umurnya, pada umur tersebut biasanya udang galah berukuran seberapa? Jadikan acuan. Udang galah yang tingkat pertumbuhannya cepat, bisa mencapai berat yang diinginkan ketika sudah dewasa. Juga akan lebih tahan terhadap penyakit jika nutrisinya juga diberi yang lebih baik.

  • Daya Adaptasi Lingkungan Bagus

Tidak gampang stress saat dipindahkan adalah salah satu kriteria bibit udang galah yang bagus. Apalagi untuk budidayanya, Anda harus melakukan pemindahan dari penjual bibit ikan ke tempat pembesaran. Hal inilah yang menjadi pertimbangan memilih bibit udang yang memiliki daya adaptasi lingkungan yang bagus.

  • Ketahanan Terhadap Insidensi Penyakit Baik

Insidensi penyakit di sini contohnya saja adalah penyakit ekor putih yang banyak menyebabkan kematian. Jika udang tidak gampang stress dan mudah beradaptasi, serta kolam pemeliharaan juga dijaga kebersihannya, dijamin udang tersebut tahan terhadap insidensi penyakit. Apalagi jika memang kualitasnya sudah bagus dari awal beli bibit.

  • Tidak Ada Cacat

Tidak terdapat cacat atau necrosisi adalah salah satu hal wajib yang harus dipenuhi oleh bibit udang galah berkualitas, begitu dipindahkan, udang langsung bergerak secara lincah tanpa menunggu waktu lama dengan kulit yang bersih.

  • Cukup Umur

Benih atau bibit udang galah biasanya yang sudah siap ditangkarkan adalah yang sudah cukup umur. Umurnya yaitu antara 30 – 60 hari dengan ukuran standar 1-5 gram. Cukup umur dengan ukuran ideal sangat penting untuk diperhatikan ketika memilih bibit untuk budidaya udang galah.

Tips Budidaya Udang Galah

Pertama untuk dasar kolamnya, sebaiknya menggunakan kain terpal dengan dasar rata dan sedikit ada diagonal pada saluran pemasukan dan pembuangan air. Untuk usaha pembesaran udang galah, proses penebaran bibit harus hati-hati. Tambahkan suplemen dahulu dalam kolam air tawar sebelum dimasukkan bibit udang.

Budidaya udang galah ini membutuhkan ketelitian dan pemahaman juga tentang aklimatisasi bibit supaya tahan suhu di air tersebut. pakan juga harus diperhatikan dengan kandungan protein antara 30% sampai dengan 55% untuk sumber energi dan penyerapan kalsium serta vitamin.

Sumber Bibit Udang Galah

Sumber bibit udang galah pastinya berasal dari pendederan atau penjual bibit ikan yang sudah jelas kualitas dan pelayanannya. Cari penjual yang jujur sehingga kualitasnya bisa dipertanggung jawabkan. Apalagi jika Anda baru saja memulai budidaya udang ini. Cari rekomendasi orang terdekat atau bisa cari website penjualan bibit ikan dan udang. Biasanya akan ada ulasan dari pelanggan di sana.

Biasanya untuk penjual yang sudah memiliki jam terbang tinggi atau berpengalaman, pemasarannya sudah luas. Untuk penjual bibit ikan yang jelas berpengalaman dan berkualitas ada Alfa Farm. Jangkauan pengiriman bandara luar Jawa Balikpapan, Tarakan, Manado, kupang, Lombok, Makassar, Papua, Palembang, Pekanbaru, dan lainnya sudah terfasilitasi dengan baik. Jadi jika Anda berada di luar Jawa, jangan khawatir karena bibit akan sampai di tempat dengan aman dan kualitas terjaga.

Itulah beberapa info mengenai budidaya udang galah mulai dari pemilihan bibit sampai sumber bibit udang galah berkualitas. Hal yang harus Anda perhatikan saat akan membudidayakan udang galah adalah usahakan udang tidak stress dan kolam selalu bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp