Cara Budidaya Udang Galah Menguntungkan

Membudidayakan berbagai jenis ikan saat ini memang sudah dipilih oleh banyak orang karena dianggap lebih menguntungkan dibandingkan dengan bisnis yang lainnya. Ada banyak jenis ikan yang bisa dibudidaya yang mana salah satunya adalah udang galah. Banyak orang yang memutuskan untuk memilih budidaya udang galah karena potensi yang sangat baik bahkan menguntungkan.

Pentingnya Paham Morfologi Udang Galah

Sebelum memutuskan untuk melakukan budidaya jenis udang galah sendiri, maka Anda harus paham betul tentang morfologi dari udang galah sendiri. Untuk nama ilmiah dari udang galah ini adalah Macrobrachirum rosenbergii. Habitatnya air tawar, sungai, danau dan juga sejumlah rawa-rawa. Untuk proses pembentukan organnya sendiri terbentuk menjadi tubuh yang sempurna yaitu dewasa berjalan sampai dengan 40 hari yang terdiri dari 11 tahap perkembangan.

Proses Budidaya Udang Galah

Setelah memahami morfologi dari udang galah, maka tahap berikutnya adalah memahami bagaimana tahapan untuk budidaya udang galah. Di mana untuk sejumlah proses yang harus Anda lakukan diantaranya sebagai berikut ini:

  • Mempersiapkan Kolam Terpal

Persiapan penting pertama adalah persiapan kolam terpal. Di mana kolam terpal ini sendiri adalah tempat yang sangat cocok untuk udang galah. Sebab, secara alami udang galah sendiri menyukai tanah yang tidak berlumpur atau tidak berpasir. Kolam terpal harus memiliki dasar rata dan sedikit diagonal pada saluran pemasukan dan juga pembuangan airnya. Kemudian, gunakan filter penyaring pada saluran air masuk dan keluar. Sebelum digunakan, maka Anda harus memilih pengeringan kolam selama beberapa hari dengan tujuan untuk menguraikan senyawa sulfida yang beracun untuk udang galah.

  • Menebarkan Bibit Udang Galah

Faktor penting lainnya yang wajib untuk diperhatikan adalah proses menebarkan bibit udang galah ini sendiri. Anda harus menyebarkan secara merata bubuk organik sebelum mulai menebarkan bibit dan bisa dilakukan selama 7 hari.

  • Menentukan Makan Uang Galah

Setelah itu, Anda juga wajib untuk menentukan jenis makanan apa yang paling cocok untuk udang galah. Di mana jenis makanan yang nantinya bisa dipilih adalah pakan alami dan juga pakan buatan. Di mana kebutuhan pakan udang galah ini harus disesuaikan dan jelas tercukupi akan kandungan nutrisinya. Baik itu protein, karbohidrat, mineral sampai dengan vitamin.

  • Menentukan Waktu Pemberian Pakan

Anda juga wajib untuk paham kapan waktu yang tepat untuk memberikan pakan. Di mana sangat disarankan bagi Anda untuk memberikan pakan sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari. Anda bisa memilih juga untuk menambahkan beberapa pakan tambahan untuk menambahkan nutrisi dan vitamin pada udang yang akan Anda budidayakan nantinya.

Untuk masa panen udang galah ini bisa dibilang tidak pasti. Di mana hal ini akan dipenuhi dengan adanya permintaan pasar. Akan tetapi, untuk masa panen standar pada umumnya ini dilakukan saat proses pembesaran udang galah selama 3 sampai dengan 4 bulan lamanya. Selama 3 sampai dengan 4 bulan, udang galah yang sudah dibudidaya ini pada umumnya bisa mencapai 20 sampai dengan 25 ekor per kilonya.

Memulai bisnis budidaya udang galah ini anda bisa membeli bibitnya di Alfa Farm karena di Alfa Farm menyediakan segala bibit ikan dan bisa dikirim kemana saja. Budidaya udang galah ini memang bisa dilakukan di sejumlah tempat. Baik dibudidayakan untuk rumahan, di tambak dan lain sebagainya. Bisnis yang akan menguntungkan ini nantinya bisa sangat menghasilkan jika Anda bisa memanfaatkan sejumlah media yang bisa digunakan untuk promosi yang menguntungkan saat ini baik menggunakan social media seperti Instagram, website, YouTube dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp