Cara Budidaya Bibit Ikan Nila Kekar Di Kendari

Bibit ikan nilai kekar di kota Kendari untuk sekarang ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Hal ini karena memang jenis ikan ini banyak sekali dikonsumsi oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis jual bibit ikan nila terdekat maka akan lebih baik cari tahu terlebih dahulu cara paling umum untuk memulai bisnis budidaya ikan nila kekar. 

Pemilihan Lokasi untuk Kolam Ikan Nila

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih lokasi dari kolam yang paling cocok untuk pertumbuhan ikan nila. Tahap yang satu ini merupakan tahapan paling esensial, karena memang ikan nila tidak bisa tumbuh dengan baik jika lokasi kolamnya tidak dalam keadaan baik. Berikut ini merupakan syarat untuk kolam ikan nila yang lebih baik Anda ikuti :

  • Dasar beserta dinding kolam harus terbuat dari jenis tanah liat karena mempunyai sifat yang lebih tahan dengan air. 
  • Kemiringan tanah untuk digunakan bibit ikan nila kekar kurang lebih 3 – 5 % supaya proses pengairan jauh lebih mudah untuk dilakukan. 
  • Air tidak dalam kondisi keruh dan tidak terkontaminasi bahan kimia lainnya, akan lebih baik lagi jika pH air tersebut netral di antara 6,5 – 8,6 dengan suhu 25 – 30°. 
  • Tingkat kecerahan pada kolam 20 – 30 cm. 
  • Debit pada air kolam tersebut harus tenang kurang lebih 8 – 15 liter per detik. 

Melakukan Pengolahan Kolam Ikan Nila

Sebelum nantinya digunakan, kolam harus dioles terlebih dahulu sekitar dua minggu sebelumnya dengan tahap-tahap seperti di bawah ini :

  • Keringkan dasar di kolam dengan menjamurnya untuk beberapa hari. 
  • Bersihkan dasar kolam dari berbagai sisa rerumputan, lalu cangkul dan juga ratakan. 
  • Pasangan saringan di pintu masuk dan juga keluarnya air. 
  • Taburkan kapur tohor maupun kapur untuk pertanian agar bisa memberantas hama dan juga memperbaiki pH pada tanah. 
  • Taburkan pupuk kandang sebanyak 10 m² dan cangkul bersama dengan tanah pada dasar kolam. 
  • Sebarkan di depan pintu masuk air agar bisa mendorong pertumbuhan pada fitoplankton yang menjadi makanan alami ikan nila nirwana. 

Pengairan dalam Budidaya Ikan Nila

Aliri kolam dengan air kurang lebih sedalam 5 – 10 cm, dan jangan lupa biarkan selama sekitar 2 – 3 hari kedepan. Setelah Anda biarkan untuk beberapa hari, maka lakukan pengairan kembali sampai mencapai 100 cm dari dasar kolam. 

Memilih dan Menebarkan Bibit Ikan Nila

Setelah kolam sudah siap untuk diisi maka saat Anda dapat memilih dan menebarkan bibit ikan nila. Membeli bibit ikan nila yang berkualitas terbaik dengan harga bibit ikan nila kekar yang terjangkau maka dapat membelinya di AlfaFarm. Selain berkualitas di AlfaFarm melayani pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia seperti di Kendari, Balikpapan, Berau, Tanjung Rejeb, Kupang, Palu, dll. Dalam pemilihan bibit ini pilih dengan warna yang sama dan pada setiap bibit mempunyai berat kurang dari 30 gram. 

Pemeliharaan, Pemberian Pakan dan Panen

Pada saat ikan nila sudah di taruh dalam kolam, Anda akan masuk dalam tahapan pemeliharaan. Di tahap ini perhatikan dalam pemberian pakan, monitor kondisi kolam, dan ganti air kolam secara rutin. Beri pakan ikan nila 2 – 3 kali sehari dengan menggunakan pelet kualitas terbaik. Jaga ketinggian kolam di kedalaman 75 – 100 cm. 

Jika air sudah keruh, Anda harus sesegera mungkin untuk menggantinya. Setelah 3-6 bulan, ikan nila bisa mencapai berat idealnya sekitar 500 gram. Jika sudah lewat dari itu maka siap untuk dipanen. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp