Bibit Ikan Mas Najawa Di Sampit

Bibit ikan mas najawa di Sampit termasuk jenis ikan hasi dari domestikasi. Ini adalah jenis ikan air tawar baru yang menjadi primadona. Nama Najawa sendiri berasal dari kota yang mengembangkan jenis ikan ini, yaitu Mina Jogja Istimewa. Secara fisik, ikan mas najawa tidak sama dengan jenis ikan mas yang memiliki bentuk bulat. Ikan mas najawa berbentuk torpedo memanjang.

Jenis ikan air tawar ini dapat dibudidayakan ke wilayah manapun yang ada di Indonesia. Anda yang hendak membudidayakan ikan mas najawa dapat melakukan pesanan melalui jual ikan mas najawa Alfa Farm Jawa Timur. Pengiriman bibit ikan air tawar ini dapat dikirim menuju wilayah Sampit sekalipun. Sehingga bagi Anda yang berada di wilayah Sampit dapat memesannya untuk pengiriman via darat maupun via udara.

Keunggulan Jenis Ikan Mas Najawa

Ikan mas najawa termasuk ikan baru yang unggulan terutama di Kota Yogyakarta. Ketenarannya pun sudah mencapai wilayah Sampit. Simak keunggulan-keunggulan dari budidaya ikan mas berikut ini:

1. Ikan Mas Najawa Tahan dari Penyakit

Jika Anda ragu setiap kali hendak memulai proses pembibitan ikan air tawar, maka mulailah dengan jenis ikan mas najawa. Ikan mas baru ini sudah terbukti tahan dari serangan virus herpes dan serangan dari bakteri Aeromonas hydrophylla. Sehingga minim risiko kematiannya ketika masih dalam bentuk bibit.

2. Proses Pertumbuhan yang Cepat

Bibit dari ikan mas najawa cepat mengalami proses pertumbuhan. Hanya dalam kurun waktu 3 bulan, bibit ikan mas najawa sudah membesar. Sehingga di waktu tersebut, Anda sudah dapat melakukan panen ikan mas najawa.

Ada dua tahapan untuk membudidayakan ikan mas najawa. Pertama, dengan penggelondongan memelihara benih hingga mencapai ukuran 9 atau 12 cm selama kurun waktu dua bulan. Kedua, dengan pembesaran yang cukup dilakukan selama 3 bulan.

3. Bentuk Fisik yang Menarik

Ikan mas najawa berwarna merah. Dari ketebalan dagingnya sendiri sangat berkualitas. Dengan bentuk memanjang seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membuat jenis ikan air tawar ini murni sebagai ikan mas lokal.

Bibit Ikan Mas Najawa

Kenali Karakter Ikan Mas Najawa untuk Proses Pembibitan

Sebelum memulai proses pembibitan ada baiknya Anda mengenali karakter dari ikan mas najawa berikut ini:

1. Karakter Reproduksi Ikan Mas Najawa

Kematangan telur ikan mas najawa berumur sekitar 8 hingga 12 bulan dengan fertilitas telur sebesar 77%. Setiap induk dapat menghasilkan fekunditas sejumlah 110.000 butir/kg.

2. Karakter Fisiologi Ikan Mas Najawa

Untuk pertumbuhan harian dari bibit ikan mas najawa adalah 1,14 gram/hari. Kemudian dari tingkat koversi pakan sebesar 1,8. Lalu untuk tingkat kelulusan hidupnya termasuk tinggi 89%.

3. Toleransi Adaptasi Ikan Mas Najawa

Kadar oksigen yang harus tersedia di dalam kolam untuk proses pembibitan dari ikan mas najawa adalah 2,7 ppm. Kemudian salinitasnya 12,24 ppt dengan pH 5 sampai 6. Sedangkan pengaturan suhu harus dikontrol pada 18 sampai dengan 35 derajat Celcius.

4. Bagian Ikan Mas Najawa yang Layak dikonsumsi

Pada dasarnya, daging ikan mas jenis apapun dapat Anda konsumsi. Termasuk untuk ikan mas najawa yang memiliki sebutan lain ikan mas merah ini ada pada daging tebalnya. Biasanya bagian karkas head sendiri memiliki persentase sekitar 87%.

Gizi yang terkandung dalam ikan mas najawa juga menjadi perhatian dan alasan untuk semakin gencar membudidayakan bibit ikan mas najawa. Sehingga dapat menjadi perbaikan dan pemenuhan gizi terutama di wilayah Sampit. Untuk itu, segeralah untuk mulai membudidayakan ikan mas najawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp