Apakah Membeli Dari Penjual Bibit Ikan Online Lebih Baik?

Penjual bibit ikan di Indonesia sekarang ini makin meningkat jumlahnya. Selain itu, teknologi internet dan budaya berdagang online makin umum digunakan. Jadi tidak aneh jika para peternak ikan tertarik memanfaatkan layanan online ini.

Namun tidak sedikit yang masih ragu menggunakannya. Bayangkan saja Anda ingin budidaya ikan nila tapi di area Anda tidak ada yang jual bibit ikan bagus. Untuk solusi, Anda pesan online, namun apa yang didapat tidak sesuai dengan standar pesanan Anda. Karena pesan online, Anda tidak bisa cek kualitas benih nila terlebih dahulu. Kejadian seperti inilah yang ditakutkan para peternak.

Hanya Perlu Pilih Lebih Cermat

Penjual bibit ikan online sebenarnya banyak yang bagus. Hanya saja Anda harus lebih cermat memilih mereka. Salah satu penjual yang bagus adalah Alfa Farm. Penjual yang bagus ini ada yang melayani keperluan banyak bibit di Indonesia. Baik di Pulau Jawa atau luar Jawa semua bisa dilayani.

Contoh saja untuk keperluan benih belut sidat. Bibit yang satu ini sulit ditemukan secara umum. Di lingkungan Anda belum tentu ada yang sediakan benih sidat. Jadi mau tidak mau, Anda harus pesan secara online. 

Di Jawa Timur, peternak sidat lebih banyak yang berkualitas dan bisa layani pembeli yang bahkan luar Jawa Timur. Anda yang ada di Lombok misalnya, tetap bisa dapatkan akses ke bibit sidat dengan beli secara online ini. Jika sudah tahu kualitas mereka bagus, Anda pasti dapat bibit sidat yang baik.

Memilih penjual bibit ikan yang terpercaya ini perlu proses. Tapi jika dilakukan baik, Anda bisa dapatkan bibit dengan lebih mudah tanpa harus cari – cari manual.

Tips Memilih Penjual Bibit Berkualitas

Untuk membantu Anda membeli dari penjual yang berkualitas, mari bahas beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilihnya. Berikut adalah bahasan tersebut:

Memilih yang Lokasinya Dekat

Akan lebih aman melakukan pembelian online dari tempat yang dekat. Contoh saja Anda berada di Yogyakarta. Pembelian tidak harus sampai Jakarta jika di area Solo atau Semarang sudah ada penjual benih yang baik. Jarak dekat ini mengurangi resiko saat pengiriman benih ikan.

Memastikan Ada Informasi Jelas Soal Penjual

Penjual yang bagus pasti memiliki info jelas. Umumnya yang jual online punya social media dan website sendiri. Dari dua hal ini, Anda bisa cari tahu lebih seputar pedagang. Jika memang info dari social media dan website legit, barulah Anda pesan dari penjual tersebut.

Kontak Mudah

Mereka juga harus memiliki kontak yang jelas. Minimal bisa dihubungi social media dengan lancar. Kontak ini penting untuk komunikasikan tentang kebutuhan Anda dan ekspektasi yang Anda bawa. Jadi saat bibit diterima, Anda tidak kaget karena kualitasnya berbeda dengan yang Anda bayangkan.

Memberi Layanan Pengiriman Baik

Banyak pedagang bibit ikan menjanjikan jangkauan pengiriman bandara luar Jawa. Jangan langsung percaya soal ini. Pastikan dulu layanan kirim mereka tidak asal gunakan pesawat. Bagaimana pengemasan dan juga teknik pengiriman harus Anda pastikan agar kualitas bibit tidak jatuh karena pengiriman jarak jauh.

Sudah Dikenal Di Komunitas

Jika ingin lebih aman, pastikan pilih penjual online yang dikenal di komunitas perikanan. Tanyakan pada peternak ikan veteran di mana mereka biasa pesan bibit ikan online. Hal ini akan memastikan Anda mendapatkan akses ke penjual terbaik.

Sekarang Anda bisa lebih tenang menggunakan layanan penjual bibit ikan online karena tahu cara memilihnya. Pastikan coba tips – tips di atas agar mendapatkan koneksi dengan penjual berkualitas. Terima kasih sudah baca artikel ini semoga bahasannya berguna bagi Anda! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp