Adakah Tips Cara Sukses Ternak Ikan Di Batam Yang Jitu?

Ternak Ikan Di Batam – Banyak orang merasa kesulitan mulai usaha ternak ikan di Batam. Kebanyakan orang sayangnya kurang informasi lebih soal bisnis ini. Jika kurang tahu soal kunci sukses bisnis ikan, tentu saja banyak yang gagal akhirnya. Bagi Anda yang merasa kesulitan, mari bahas bersama cara sukses ternak ikan yang bisa Anda coba berikut ini:

Pastikan Kenali Situasi Pasar Dulu

Pertama, Anda harus kenali situasi pasar terlebih dahulu. Di Batam, ikan gurame, nila dan lele adalah pilihan paling aman karena harganya stabil. Selain itu, demam ketiga jenis ikan ini selalu ada. Anda tidak akan kesulitan menjual hasil panen jika ternak ikan – ikan tersebut.

Di sisi lain, Anda juga harus tahu trend ikan yang populer. Contoh saja soal ikan mas. Ikan ini selalu naik turun trend harganya. Jika bisa memprediksi harga ikan emas akan naik, ada baiknya coba ternak ikan tersebut dan panen saat harga sedang di puncak. Untuk memprediksi ini, Anda harus selalu analisa situasi pasar di Batam agar bisa siapkan strategi usaha yang pas.

Jangan Cuma Ternak Satu Jenis Ikan Saja

Kebanyakan peternak di Batam hanya fokus ternak satu jenis ikan saja. Hal ini tentu kurang baik. Jika harga ikan yang diternakkan tiba – tiba jatuh, pemasukan peternaknya juga ikut jatuh. Di sisi lain, peternak ikan yang membiakkan lebih dari satu ikan bisa tutupi kerugian mereka.

Saat satu ikan jatuh harganya, jenis ikan lain belum tentu mengalami hal tersebut. Jadi kerugian yang dirasa tidak terlalu sakit untuk bisnis. Untuk Sukses bisnis ikan, Anda harus bisa menimbang resiko dan peluang dengan baik. Jangan asal ternak satu jenis dan berharap selalu untung dari situ saja.

Pakai Benih Hasil Silangan Terbaik

Cara sukses ternak ikan yang satu ini lebih teknikal. Di Batam, kualitas bibit yang bagus tidak banyak. Hal ini membuatnya lebih mahal. Daripada beli mahal di Batam, mengapa tidak beli dari daerah lain. Alfa Farm di Jawa Timur memiliki industri persilangan untuk bibit ikan. Kualitas bibit ikan di sini jauh lebih tinggi daripada di Batam. Memang biaya kirim dari Jawa Timur ke Batam bisa tinggi, tapi Anda bisa nikmati keuntungan jual ikan berkualitas yang lebih mahal jika beli di situ.

Manfaatkan Metode Jualan Online

Tips sukses ternak ikan yang berikutnya adalah dengan manfaatkan media online. Mulai dari pemasaran, penjualan dan pelayanan pelanggan, sekarang semua bisa dilakukan online. Anda bisa saja jualan di Batam, tapi dengan metode online, Anda bisa jual hasil panen Anda ke Pekanbaru.

Promosi juga lebih mudah menggunakan akun social media. Semakin Anda manfaatkan teknologi baru ini, markin mudah juga Anda kembangkan usaha. Jangan remehkan kekuatan internet di era digital sekarang ini!

Aktif Cari Koneksi Pelaku Bisnis Kuliner

Di area Batam dan sekitarnya, budaya kuliner sangat kuat. Jika Anda bisa manfaatkan hal ini untuk cari pelanggan tetap, Anda bisa hasilkan keuntungan bagus tiap panen. Pastikan cari warung, rumah makan dan bahkan hotel yang butuh bahan baku ikan. Coba buat proposal ataupun networking deal agar bisa jual ikan ke pihak bisnis tersebut.

Bila ingin sukses bisnis perikanan di Batam, pastikan coba praktekan cara sukses ternak ikan di atas! Memang tantangan jalur sukses selalu ada, namun Anda tidak boleh cepat menyerah. Pastikan cari peluang dan manfaatkan hal tersebut. Dalam hal ternak ikan, pastikan cek trend ikan harga mahal dan teknik perikanan paling efisien. Bila Anda coba berkembang dan mencapai standard produksi ikan lebih berkualitas, Anda sendiri yang akan untung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp