6 Tips Memilih Penjual Bibit Ikan Guramih Yang Layani Luar Jawa

Penjual bibit ikan guramih yang bagus di luar Jawa masih terbatas. Jadi umumnya, para peternak ikan di luar Jawa tetap membeli benih yang berasal dari pulau dengan populasi terbanyak di Indonesia ini. Sekarang sudah ada media internet yang bantu Anda memilih penjual bibit guramih, tapi apakah yakin yang Anda pilih sudah baik?

Untuk membantu Anda membeli dari penjual terbaik, mari bahas 6 tips yang berguna berikut ini:

1. Pastikan Mereka Memiliki Ukuran Benih Lengkap

Saat membeli dari penjual benih ikan di Jawa, pastikan mereka menawarkan bibit dengan ukuran banyak. Benih umur tertentu akan memiliki ukuran berbeda juga. Untuk guramih, yang umumnya aman dikirim adalah 3-4 dan 3-5. Untuk ukuran yang lebih kecil umumnya masih sensitive untuk pengiriman jarak jauh keluar Jawa.

Tapi bagi Anda yang lokasinya dekat dengan Jawa seperti Bali atau Lombok, pembelian masih bisa di ukuran lebih kecil karena dekat. Hal ini juga tergantung kebutuhan budidaya ikan guramih Anda. Selama tahu resiko dan kebutuhan Anda, pilihan penjual harus disesuaikan.

2. Memiliki Website yang Jelas

Penjual online untuk bibit ikan harus memiliki website sendiri. Hal ini sudah menjadi dasar ukuran apakah mereka profesional atau tidak. Penjual yang hanya layani di page social media tanpa website sendiri umumnya masih pedagang kecil. Lebih baik beli di pedagang besar yang sudah punya website dengan info lengkap.

3. Memiliki Harga yang Sesuai Situasi Pasar

Saat mencari penjual bibit ikan guramih, selalu pastikan harga mereka sesuai dengan budget yang Anda miliki. Memang benih yang bagus harganya mahal. Tapi Anda juga tidak boleh memaksakan sampai kebol kapasitas modal. Pastikan pilih harga benih yang masuk akal tapi sesuai juga dengan budget Anda.

4. Mudah Dikontak Untuk Konfirmasi

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kontak dengan penjual. Dalam memilih penjual bibit guramih, pastikan mereka menyediakan info lokasi mereka, social media dan kontak baik telpon, Telegram ataupun WhatsApp.

Kemampuan kontak yang mudah memastikan Anda bisa konfirmasi kondisi benih sebelum pengiriman. Selain itu, Anda bisa tanya – tanya soal layanan dan info lain tentang penjual. Semakin transparant penjual semakin bagus biasanya kualitas layanan mereka.

5. Memberikan Penjelasan Layanan Pengiriman

Penjual bibit ikan untuk luar Jawa pasti memberikan info jelas tentang layanan pengiriman mereka. Baik lewat cargo laut, pesawat dan cara pengemasannya. Beberapa penjual benih menggunakan tangki khusus. Beberapa ada yang hanya dengan box container biasa.

Penjelasan tentang pengemasan dan pengiriman ini penting untuk memastikan Anda mendapatkan sesuai yang Anda inginkan. Jangan sampai membayangkan pengiriman cepat ternyata pengiriman lewat laut dengan tangki biasa yang belum tentu aman. Jadi pastikan dulu dengan penjual soal info ini.

6. Memiliki Biaya Kirim yang Masuk Akal

Selain layanan pengiriman yang bagus, mereka juga harus memiliki biaya kirim yang masuk akal juga. Memang pengiriman benih luar Jawa sulit, tapi bukan berarti biayanya boleh asal tinggi. Jangan langsung percaya harga yang ditawarkan pihak penjual tapi cek dulu infonya sendiri.

Keperluan kirim benih yang umum saat ini adalah menggunakan penerbangan dan juga penggunaan box khusus untuk benih ikan. Jadi pastikan dulu harga pasar untuk keperluan ini dengan para veteran peternak ikan untuk pastikan Anda tidak di markup harga.

Sekian tips – tips memilih penjual bibit ikan guramih yang layani pengiriman luar Jawa. Dan salah satu penjual bibi ikan yang berkualitas dan pengiriman dari kemana saja adalah Alfa Farm yang bisa anda hubungi langsung. Mudah – mudahan bahasan ini berguna dan membantu Anda sekalian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp