5 Jenis Ikan Untuk Usaha Budidaya Air Tawar Yang Menguntungkan

Sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis ikan air tawar yang menguntungkan dalam memulai usaha budidaya ikan air tawar. Banyak sekali pelaku usaha budidaya ikan air tawar, khususnya pemula yang kurang pengetahuan mengenai jenis ikan air tawar yang baik dan cocok untuk dibudidayakan. Beberapa jenis ikan air tawar yang baik mulai dari budidaya ikan nila hingga patin dan masih banyak lagi. Berikut ini jenis-jenis ikan air tawar yang perlu diketahui sebelum membeli bibit dari penjual bibit ikan air tawar.

1. Budidaya ikan nila

Salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak dibudidayakan ialah ikan nila. Ikan nila ini merupakan jenis ikan air tawar yang sangat terkenal di kalangan pelaku usaha budidaya ikan air tawar, hal ini dikarenakan ikan nila sangat digemari oleh masyarakat Indonesia yang terbukti dari tingkat penjualan dan pembeliannya di pasaran. Biasanya ikan ini akan selalu habis setiap kali penjualan. Selain itu budidaya ikan nila tergolong lebih gampang, karena ikan nila sendiri mudah dipelihara dan tak perlu perawatan yang ribet. Sehingga ikan nila sangat cocok dibudidayakan oleh para pelaku usaha budidaya ikan air tawar khususnya untuk pebisnis pemula.

2. Budidaya belut

Budidaya belut harus masuk dalam list jenis ikan air tawar yang menguntungkan untuk dibudidaya. Daging belut yang enak menjadikannya unggul di pasaran dan merupakan salah satu yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Selain sebagai makanan yang sehat dan lezat, daging belut dipercaya dapat menyembuhkan atau mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini yang menjadikan daging belut mempunyai harga yang terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lain.

3. Budidaya ikan lele

Ikan lele juga tak kalah populer dari jenis-jenis yang lain, tak heran jika hampir setiap pengusaha budidaya ikan memilih ikan lele untuk dipelihara. Ikan lele mempunyai peluang penjualan pasar yang sangat tinggi. Selain itu ikan lele juga mudah dipelihara pada lahan tambak sempit sekalipun. Penjualan bibit ikan lele juga, menjadi salah satu yang paling banyak dibeli dan dipesan, ini bisa dikarenakan harganya yang murah, namun keuntungan yang didapat lumayan besar.

4. Budidaya udang galah

Berikutnya adalah budidaya udang galah. Budidaya udang galah menjadi salah satu jenis budidaya ikan air tawar yang tengah populer akhir-akhir ini, karena rasa daging udang yang sangat segar dan enak sehingga meningkatkan permintaan dari para pembeli. Konsumsi udang gala dipercaya dapat memberi manfaat bagi kesehatan tubuh mulai dari membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu pembentukan sel dan jaringan tubuh hingga menyehatkan jantung. Untuk budidaya udang galah sendiri dapat menggunakan media kolam terpal untuk memudahkan pemeliharaannya.

5. Budidaya gurame

Menurut pendapat kebanyakan orang, terutama yang sudah terjun duluan ke dunia bisnis budidaya ikan tawar, budidaya ikan gurame merupakan salah satu yang bisa memberi untung besar. Ini dikarenakan pakan ikan dan juga bibit ikan gurame yang terbilang cukup murah. Namun anda harus sabar menanti panen, karena akan memakan waktu yang lebih lama dibanding jenis lainnya.

Itulah beberapa jenis ikan air tawar yang perlu diketahui sebelum memulai membeli bibitnya di penjual bibit ikan air tawar. Bagi anda yang tertarik memulai bisnis ini dapat membeli bibit ikan di ALFA FARM. ALFA FARM menyediakan berbagai macam bibit ikan tawar berkualitas serta mampu menyuplai benih dengan jankauan pengiriman luar Jawa. Pengiriman dilakukan via darat/udara, untuk info lebih lanjut kunjungi alamat website alfafarm.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp