Keuntungan Budidaya Ikan Nila, Tertarik Mencoba?

Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan yang mudah untuk dibudidayakan. Penyebabnya adalah ikan Nila termasuk kuat terhadap penyakit jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya seperti gabus, belut atau gurami.

Hal itu juga membuat perawatan terhadap ikan Nila mudah dilakukan serta tidak memerlukan biaya yang mahal. Budidaya ikan Nila juga dianggap menguntungkan karena induk ikan Nila mampu menghasilkan telur sebanyak 250 sampai 1000 butir telur.

Tapi sebenarnya bukan hanya itu saja keuntungan budidaya ikan Nila yang bisa Anda dapatkan, berikut beberapa contoh lainnya:

1. Persaingan yang Belum Terlalu Sengit

Meskipun menguntungkan, budidaya ikan Nila belum terlalu banyak dilakukan, oleh karena itulah persaingan dalam budidaya ikan Nila bisa dikatakan masih belum terlalu sengit.

Hal ini tentu memicu pelaku usaha di bidang budidaya ikan untuk melakukan budidaya ikan Nila.

2. Modal yang Dibutuhkan Tidak Besar

Bila Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ini namun modal yang Anda miliki belum begitu besar, maka budidaya ikan Nila bisa dijadikan salah satu pilihan yang baik. Sebab budidaya ikan Nila tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Jarak Anda untuk mendapatkan keuntungan juga tidak begitu jauh. Jika Anda menjalankan usaha budidaya ikan Nila ini dengan baik, maka Anda hanya perlu menunggu selama 3 bulan sampai masa panen tiba untuk mendapat keuntungan.

3. Mudah untuk Dilakukan

Seperti yang telah ditulis sebelumnya, budidaya ikan Nila dapat dilakukan dengan proses yang tergolong mudah.

Bibit ikan Nila tidaklah sulit untuk didapatkan, ikan Nila juga mudah dipelihara karena tahan terhadap serangan penyakit. Beberapa hal tersebut tentunya menjadi faktor yang perlu dipikirkan ketika akan memulai bisnis budidaya ikan.

4. Harga yang Stabil

Selain tidak membutuhkan modal yang besar, budidaya ikan Nila juga memberi keuntungan karena memiliki harga jual yang tergolong stabil.

Harga jual dari ikan Nila sejauh ini tidak pernah mengalami penurunan yang drastis sehingga selalu memberi kemungkinan untuk mendapat untung.

Tips Bisnis 

Setelah mengetahui keuntungan dari melakukan budidaya ikan Nila, berikutnya akan ada tips untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis ini supaya bisa mendapat untung.

  • Kolam

Sebenarnya, ikan Nila merupakan jenis ikan yang dapat bertahan hidup di dalam berbagai jenis kolam. Karena itulah untuk  budidaya ikan Nila, Anda dapat melakukannya dengan memakai kolam seluas 1 meter persegi yang dialasi terpal.

Keuntungan dari memakai kolam jenis ini adalah bisa menampung banyak ikan, mudah dibersihkan serta memiliki tingkat kematian ikan yang rendah.

Pilihan kolam yang lainnya yang direkomendasikan adalah kolam tanah. Alasannya adalah pada kolam tanah umumnya akan muncul hewan air dan tumbuhan yang bisa menjadi makanan bagi ikan Nila.

  • Memilih Benih

Diantara banyaknya tips untuk memilih benih ikan Nila, yang paling banyak dianut oleh peternak ikan adalah memilih benih ikan nila jantan. Karena pertumbuhannya yang lebih cepat apabila dibandingkan dengan ikan Nila betina.

  • Penebaran Benih

Sebelum ditebar, benih ikan Nila perlu melakukan adaptasi benih terlebih dulu. Cara melakukannya adalah dengan memasukkan kantong yang diisi benih ikan Nila ke dalam air selama 30 menit.

Tujuan dilakukannya proses adaptasi benih adalah menyesuaikan suhu kantong dengan suhu kolam.

  • Pemeliharaan

Dalam proses pemeliharaan, air kolam merupakan hal yang sangat penting untuk  diperhatikan. 

Anda perlu memperhatikan kualitas air kolam seperti pH yang stabil sampai kebutuhan oksigen untuk ikan Nila.

  • Panen

Penting untuk diketahui, ikan Nila telah siap untuk dipanen jika telah memiliki bobot 300 sampai 500 gram. Bisa juga jika waktu pemeliharaan sudah mencapai 4 hingga 6 bulan.

Itulah sedikit informasi mengenai budidaya ikan Nila. Untuk Anda yang mungkin tertarik mencobanya, Alfafarm bisa menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan benih berkualitas untuk memulai usaha budidaya Nila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp