Resolusi Tahun Baru: Budidaya Udang Galah

Penghujung tahun 2021 dihiasi senyum yang terukir indah di bibir para penjual bibit ikan. Pasalnya terjadi peningkatan positif di sektor perikanan sebesar 9,69 persen. Situasi pandemi yang masih berjalan tidak mampu menggoyahkan bisnis ini. Bahkan, bisnis ini berkontribusi menjadi penopang ekonomi Indonesia yang mengalami perkembangan signifikan.

Bisnis ini tergolong sangat menjanjikan meskipun dunia sedang dihembus badai pandemi. Budidaya cukup mudah dilakukan oleh seluruh kalangan. Selain untuk bisnis, masyarakat pun harus mulai mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan pangan di tingkat rumah tangga. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memulai budidaya di tingkat rumah tangga.

Keuntungan Budidaya Ikan

Secara general, pemeliharaan ikan dengan tujuan komersial akan mendatangkan benefit secara materi. Namun masih ada banyak keuntungan lainnya, seperti:

  1. Mudah dan murah

Kegiatan budidaya cukup sederhana, mudah dan dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Modal yang perlu disediakan pun relatif rendah tergantung luas lahan dan jenis ikan yang dipilih.

  1. Berkontribusi dalam pelestarian alam dan ekosistem alami

Tidak perlu menangkap ikan liar secara ilegal untuk dapat memenuhi permintaan pasar.

  1. Meningkatkan kesejahteraan hidup pelaku usaha

Adanya penghasilan dari usaha ini tentunya akan membuat taraf hidup mengalami peningkatan.

  1. Meningkatkan produktivitas pihak pembudidaya

Aktivitas rutin untuk memberi makan, mengecek kondisi ika, dan sebagainya, yang dilakukan oleh pelaku bisnis akan membuat tubuh lebih sehat terutama di masa pandemi ini.

  1. Membantu meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Indonesia

Ketersediaan ikan secara merata baik di seluruh daerah akan memudahkan masyarakat mengakses ikan dan produk budidaya lain untuk dikonsumsi sehari-hari dengan harga terjangkau.

  1. Adanya kesempatan untuk ekspor

Tingginya kualitas serta kuantitas komoditas hasil budidaya yang dihasilkan ini juga berpotensi untuk dilakukan ekspor. Produk dengan kualitas super tentu saja memiliki harga tinggi.

Jenis komoditas untuk budidaya

Pada umumnya, ikan air tawar merupakan favorit masyarakat untuk dikonsumsi karena lebih terjangkau. Hal tersebut sejalan dengan tingkat kesulitan pemeliharaan. Ikan air tawar jauh lebih mudah untuk dibudidayakan. Beberapa jenis satwa air tawar yang mudah dibudidaya antara lain:

  1. Ikan Lele
  2. Ikan Gurame
  3. Ikan Mas
  4. Ikan Mujair
  5. Ikan Nila
  6. Ikan Gabus
  7. Belut
  8. Udang Galah

Serba-serbi budidaya udang galah

Dari beberapa jenis komoditas yang telah disebutkan di atas, udang galah memiliki peminat yang meroket dari dalam dan luar negeri. Tak hanya ukurannya saja yang besar, hewan ini mengandung banyak nutrisi seperti protein, zat besi, kalsium, magnesium, hingga berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B6 dan juga vitamin B12.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini cukup terjangkau, apalagi bila dibandingkan dengan hasilnya. Pembesaran produk hewani ini dapat dilakukan di sebuah tambak/kolam tanah, kolam terpal, drum, bahkan akuarium yang sesuai. Semua tergantung pada kebutuhan pebisnis. Pakan yang harus disediakan untuk udang galah atau udang watang ini yaitu pakan alami, buatan, dan juga pakan tambahan.

Dalam kurun waktu 6 bulan, udang galah sudah dapat dipanen dan dipasarkan dengan mudah. Bisnis yang sangat menarik, bukan? Namun ada beberapa hambatan di budidaya ini antara lain ketersediaan benih yang minim dan perawatan yang buruk mengakibatkan benih mudah mati. Oleh karena itu, dibutuhkan pihak penjual bibit ikan yang jelas terpercaya dan berkualitas seperti alfafarm.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Order Via WhatsApp