Penyebab Ikan Lele Menggantung dan Cara Mengatasi

alfafarm.co.id - Hal yang biasa menjadi panik yaitu ketika ikan lele kita menggantung di tepian kolam. Penyebab ikan lele menggantung ini menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan kolam anda. Hal lain yang mungkin mempengaruhi karena limpahan hujan atau penumpukan sisa bahan organik dari pakan dan kotoran.

Sebelum memutuskan tindakan untuk mengatasi, kita perlu memahami apa yang salah dengan kolam kita. Simak penjelasan berikut ini.

baca : Prospek Budidaya Ikan Lele

Penyebab Ikan Lele Menggantung

Ketika lele menggantung biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yakni seperti pH air terlalu tinggii, Amoniak atau menumpuknya kotoran lele di dasar kolam, dan kekuran oksigen.

Langkah penting yang harus dipahami, sebagai pelaku budidaya setidaknya harus bisa mendiagnosa setiap penyakit yang mungkin terjadi pada ikan. Dan jangan lupa selalu meneydiakan peranan penunjang kelancaran budidaya ikan lele seperti garam kasar, urea, probiotik, dan antibiotik alami untuk antisipasi apabila ikan bermasalah.

  • Tingginya Amoniak/Nitrit di Dasar Kolam

Tingginya amoniak/nitrit ditandai dengan perubahan air kolam menjadi keruh dan menimbulkan bau. Bau ini disebabkan karena pertumbuhan patogen (bakteri jahat). Sehingga otomatis membuat pH dan oksigen terlarut pun akan drop dan menyebabkan lele menggantung.

Untuk mengatasi hasl ini ada 3 cara dilihat dari tingkat bau air :

  1. Apabila baunya tidak terlalu menyengat. Buang 50% air dasar kolam, kemudian tambah air dan lakukan penebaran probiotik
  2. Apabila baunya tingkat menengah. Buang 70% air dasar kolam, kemudian tambah air dan lakukan penebaran probiotik.
  3. Apabila baunya sangat menyengat. Kuras total, gosok dasar dan dinding kolam, kemudian atasi ulang kolam dengan probiotik dan penunjang lainnya.
  • Lele Kekenyangan

Kondisi lele menggantung mungkin bisa disebabkan pemberian pakan yang berlebihan. Maka hentikan jika lele sudah tidak memberi respon pada pakan. Cara mengatasi nya diamkan dahulu selama 3-4 sambil mendiagnosa ikan. Apabila sudah didiamkan dan lele tetap menggantung, maka lakukanlah sirkuasi air dengan debit kecil.

 

Kondisi lele Menggantung

  • pH Air Mengalami Penurunan

Kondisi ini ditandai dengan lele menggantung dan adanya busa cokelat. Busa ini menandakan bahwa kadar oksigen terlarut/pH dalam air menurun drastis. Untuk mengatasi penyebab ini maka tebarkan larutan kapur dolomit 50gr. Alternatif lainnya dengan perasan daun pepaya sebanyak 100mL atau setara setengah gelas bellimbing.

  • Masuknya Air Hujan Dalam Jumlah Banyak

Saat dalam musim hujan, dan kolam kolam budidaya diletakkan di outdoor. Maka sangat memungkinkan bahwa kolam ini menjadi tampungan dari air hujan, dan menyebabkan ketidak stabilan pada kolam.

Setelah hujan reda, maka berilah perlakuan pada kolam yakni :

Buang air kolam hingga setinggi 10-15cm

- Isi kembali air hingga penuh dan diamkan selama 1-2 jam tanpa diberi pakan

** Perlakuan ini baiknya dilakukan hanya pada pagi/sore hari

 

Untuk melakukan konsultasi, dan pemesanan benih lele klik disini.

ALFA FARM menyediakan benih ikan Lele, Nila, Bawal, Gurame, Patin, dll.

Hubungi WA/TELP/SMS 081329881010

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *