Macam-Macam Ikan Lele Yang Laris Di Budidaya Di Samarinda

Budidaya ikan memang menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Ada banyak permintaan di berbagai kota di seluruh Indonesia tentang kebutuhan ikan. Terutama untuk ikan air tawar seperti ikan lele yang menjadi favorit bagi banyak orang. Untuk Anda yang merasa tertarik melakukan budidaya ikan lele maka tentunya Anda harus banyak belajar tentang ikan lele, bagaimana cara merawatnya, apa pakan yang paling baik agar ikan lele yang Anda pelihara bisa lebih sehat, kemudian apa saja macam-macam ikan lele yang menjadi favorit untuk dibudidayakan. Sebaiknya Anda memang mencari macam ikan lele yang memiliki banyak peminat agar bisa membawa keuntungan yang lebih besar untuk Anda. Berikut ini macam – macam ikan lele yang sedang laris dibudidayakan di daerah Samarinda dan sekitarnya :

Ikan Lele Sangkuriang

Anda pasti mengenal Sangkuriang sebagai cerita rakyat melegenda dari Jawa Barat bukan? Sesuai dengan nama dan asal-usulnya itu, Ikan Lele Sangkuriang ini merupakan Ikan Lele yang dikembangkan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi. Ikan lele Sangkuriang ini merupakan hasil perkawinan dari Ikan Lele Dumbo Generasi Ke 6 dengan Ikan Lele Dumbo Generasi Ke 2.  Ikan lele ini dikembangkan untuk memperbaiki keturunan ikan Lele Dumbo yang makin mengecil ukurannya. Ciri-ciri dari Ikan Lele Sangkuriang ini adalah warna punggungnya gelap kehijauan, pada bagian perutnya berwarna putih kekuningan kemudian bibit ikan ini yang berusia 40 hari ukurannya antara 5-8 cm. Keunggulannya ikan lele Sangkuriang ini adalah badannya berukuran besar, lebih tahan terhadap penyakit, bibitnya tidak kanibal dan badannya cepat membesar.

Ikan Lele Masamo

Ikan Lele Masamo ini adalah salah satu dari macam – macam ikan lele yang populer sejak tahun 2010, 3 tahun kemudian perkembangan budidaya dari ikan lele ini semakin pesat dan banyak pengusaha yang sukses melakukan budidaya ikan Lele Masamo. Keunggulan dari ikan Lele Masamo ini bisa dipanen dalam waktu cepat, hanya butuh waktu sekitar 1,5 bulan – 2,5 bulan saja, Ikan Lele ini sudah bisa dipanen, Sedangkan ikan lele jenis lainnya baru bisa dipanen setelah 3 bulan. Ikan lele ini termasuk banyak sekali makannya, maka dari itu Anda yang membudidayakan ikan lele Masamo harus rajin memberinya makan agar ia tidak kelaparan dan memangsa temannya sendiri.

Ikan Lele Mutiara

Ada yang unik dari ikan Lele Mutiara, nama ikan lele ini merupakan singkatan dari Mutu Tinggi Tiada Tara yang kemudian disingkat menjadi Mutiara. Ikan ini memiliki banyak keunggulan dan digadang-gadang lebih unggul dari ikan Lele Sangkuriang. Salah satu dari macam – macam ikan lele ini dikembangkan di Jawa Barat. Ikan ini memiliki warna abu-abu yang gelap, persentase pertumbuhannya 10 – 40 % lebih cepat dari macam – macam ikan lele lainnya, kemudian ikan ini juga hemat pakannya. Sama seperti ikan Lele Sangkuriang, maka ikan Lele Mutiara ini juga sangat tahan terhadap penyakit.

Selain beberapa macam – macam ikan lele yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa macam ikan lele lainnya. Jika Anda tertarik dan ingin membeli bibit ikan lele di atas untuk dipelihara dan dibudidayakan maka Anda bisa membeli bibitnya dari Alfafarm.co.id. Di sana Anda bisa mengecek daftar harga untuk 1 box bibit ikan lele dan Alfafarm juga menerima pengiriman ke berbagai kota termasuk juga ke Samarinda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp