Budidaya Ikan Gabus Mudah Di Kolam Terpal Bagi Pemula Ala Peternak Palembang

Ikan Gabus di Palembang – Ingin membuka bisnis ternak ikan atau budidaya ikan? Lalu bingung harus memilih ikan jenis apa? Nah, disini merupakan langkah tepat untuk mendapatkan informasi seputar budidaya ikan air tawar. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis budidaya ikan maka Anda bisa memilih budidaya ikan gabus sebagai langkah awal untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

Di mana ikan gabus ini banyak diminati oleh masyarakat karena ikan tersebut kaya akan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan seperti memiliki kandungan kalsium, protein, kalori, zat besi, magnesium, fosfor hingga vitamin A dan B.

Budidaya Ikan Gabus

Untuk itu, jika Anda ingin melakukan budidaya ikan gabus maka berikut ini ada cara mudah dalam proses budidaya ikan gabus bagi pemula.

Persiapkan Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Gabus

Untuk hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah kolam terpal untuk budidaya ikan gabus. Selain itu, pastikan pula Anda memilih lokasi yang strategis sehingga Anda bisa dengan mudah untuk melakukan pengecekan. 

Langkah dalam membuat kolam terpal yaitu seperti :

  • Pertama, Anda bisa membersihkan lahan yang telah Anda pilih untuk dijadikan sebagai tempat budidaya ikan gabus. Pastikan lahan bisa jauh dengan pemukiman warga, akan tetapi lebih baik lagi jika Anda memang memiliki lahan di pekarangan rumah Anda.
  • Siapkan kolam terpal dengan ukuran panjang 5 meter dan lebar 2 meter. Persiapan kolam ini dapat Anda buat terlebih dahulu yakni sekitar seminggu tepatnya sebelum Anda menebarkan bibit ikan gabus.
  • Setelah kolam jadi, Anda bisa mengisi air kolam dan dibiarkan selama beberapa hari yakni 3 sampai 5 hari sehingga mikroorganisme, lumut dan cacing bisa muncul serta ini bisa menjadi pakan untuk ikan gabus.
  • Untuk pengisian air kolam, Anda bisa mengisi sekitar 60 sampai 100 cm.

Memilih Bibit Ikan Gabus

Untuk langkah berikutnya Anda harus memilih dan membeli bibit ikan gabus yang berkualitas dan unggul. Caranya sangat mudah, Anda bisa membeli di penjual bibit ikan gabus dengan melihat beberapa langkah seperti bibit ikan gabus  terlihat lincah dan sehat, nafsu makan bibit ikan gabus terlihat normal, tidak ada bekas luka pada badan bibit ikan gabus hingga bibit ikan gabus tidak stress ataupun loncat-loncat ketakutan.

Pemeliharaan dan Panen Ikan gabus

Untuk tahapan dan langkah yang terakhir sangat penting untuk Anda perhatikan. Dimana Anda melakukan beberapa cara dalam pemeliharaan dan panen ikan gabus, diantaranya :

  • Berilah pakan ikan gabus secara rutin yakni 2 sampai 3 kali dengan teratur. 
  • Setelah ikan gabus memiliki ukuran agak besar maka Anda bisa mulai untuk memanennya. Dalam proses panen ikan gabus pastikan Anda menggunakan alat penyaring sehingga tangan Anda tidak digigit.
  • Sortir ikan gabus. Disini Anda bisa memisahkan ikan gabus yang ingin Anda jual dengan ikan gabus yang akan Anda kawinkan lagi sehingga menghasilkan telur.

Itu dia ada berbagai cara dan proses budidaya ikan gabus yang bisa Anda lihat. Nah, sebagai informasi yang bermanfaat selanjutnya mengenai penjual bibit ikan gabus berkualitas maka Anda bisa membelinya di Alfa Farm

Di mana Alfa Farm ini merupakan penjual ikan dengan menawarkan berbagai bibit ikan air tawar berkualitas salah satunya bibit ikan gabus. Selain itu, semua bibit ikan disini tentu saja berkualitas dan unggul karena Alfa Farm telah bekerja sama dengan para petani pembenihan budidaya yang memang berasal dari induk ikan pilihan. Jadi, tidak perlu ragu untuk memilih Alfa Farm sebagai penyedia bibit ikan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp