Bibit Ikan Patin Di Manado

Bibit ikan patin di Manado di awal tahun 2020 kurang cukup peminat di kalangan masyarakatnya. Pasalnya ikan ini kurang populer di banding ikan air tawar lainnya serta harga pakannya terbilang cukup mahal. Namun karena ada bantuan pendanaan dari pemerintah bagi pembudidayanya, selain meningkat dalam hal produksi, ikan ini mulai dilirik oleh banyak masyarakat karena ukurannya cukup besar dan rasanya terbilang enak.

Prospek Ikan Patin

Budi daya ikan patin terbilang relatif mudah, apalagi wilayah Manado dikenal memiliki jumlah lahan yang melimpah untuk tempat budi daya ikan karena memiliki banyak sumber mata air yang tersebar di sana. Ikan ini dapat dibudidayakan menggunakan media keramba di sungai berarus lambat atau danau atau menggunakan kolam terpal yang bisa dipasang di halaman rumah.

Harga dari ikan patin di pasaran cukup tinggi namun juga stabil. Dalam hal permintaan, tiap tahunnya mengalami peningkatan. Untuk masa-masa awal budi daya, permintaan terhadap ikan patin ini hanya puluhan kilo saja per bulan, kemudian meningkat hingga ratusan kilo per bulan namun terjadi lonjakan permintaan setiap lebaran yang bisa mencapai puluhan ton.

Bibit Ikan Patin

Proses Budi Daya Ikan Patin

Dalam hal budi daya, ikan ini tergolong hampir sama dengan cara budi daya ikan lele.

1. Tempat Budi Daya

Agar mendapat hasil panen yang cepat, lokasi yang dipilih untuk tempat budi dayanya harus tempat terbuka yang cukup paparan sinar matahari dengan suhu air mencapai 26 derajat sampai 28 derajat. Kemudian tingkat kejernihan air perlu dijaga dan jangan sampai tercemar dengan limbah sehingga pH air dapat terjaga di kisaran angka 7. Tempat kemiringan air perlu diperhatikan juga agar penyaluran air terjaga dengan baik.

Bila tempat budi daya berupa kolam terpal maka lakukan penggantian air sekali dalam 2 minggu bila dirasa sudah keruh atau maksimal dalam 3 minggu. Lalu jaga volume air jangan sampai berkurang.

2. Bibit Ikan Patin

Untuk mendapat induk dengan kualitas baik, di awali dengan memilih bibit ikan patin yang unggul. Beberapa ciri-ciri bibit yang unggul antara lain terletak pada ukuran kepala dan badan cukup seimbang, warna kulitnya terlihat cerah, dan pergerakannya lincah.

3. Pemberian Pakan

Banyaknya pakan yang perlu dikasih disesuaikan dengan bobot ikan, sekitar ¾ dari bobotnya dan beri pakan setiap hari. Bila masih dalam tahap ukuran kecil, beri pakan sampai 5 kali sehari dan bila sudah memasuki tahap siap panen beri pakan sebanyak 3 kali sehari saja.

Rata-rata masa panen untuk ikan ini berkisar 5 sampai 6 bulanan. Harga ikan patin siap konsumsi di pasaran mencapai harga 15 ribu rupiah per kilonya hingga 30 ribu rupiah per kilonya. Dalam jumlah besar, kualitas pengemasan perlu diperhatikan agar ikan masih dalam keadaan baik selama pengiriman.

Alfa Farm

Bila kalian ingin mencari bibit ikan patin unggul dan ikan tawar lainnya, Alfa Farm siap membantu menyediakannya karena di sini bibit hingga ikan indukan terjaga dengan baik selama pembudidayaannya sehingga menghasilkan ikan yang unggul.

Dalam pengiriman, Alfa Farm siap mengantarkan hingga ke seluruh daerah Indonesia yang tentunya dengan harga yang lebih terjangkau dari tempat lain. Apalagi ada garansi 100% hingga barang sampai ke bandara tempat tujuan, jadi pembeli tidak perlu khawatir ada masalah saat barang sampai karena keluhan apapun akan siap dilayani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp