Bibit Ikan Gurami Di Makassar

Bibit ikan gurami di Makassar masih sulit dijumpai di kalangan petani ikan air tawar. Padahal permintaan pasar akan ikan gurami tergolong tinggi sedangkan pasokan ikan gurami yang siap konsumsi masih belum mampu mengimbanginya. Alhasil harga ikan gurami di pasaran relatif tinggi.

Kebutuhan Bibit Ikan Gurami di Makassar

Seluruh pasokan ikan gurami di Makassar baru mampu disuplai dari daerah Kabupaten Luwu Timur. Bahkan daerah ini baru sedikit mengembangbiakkan bibit ikan gurami dibandingkan bibit ikan air tawar lainnya. Penyebabnya adalah kesulitan dalam mendapatkan benih dan waktu yang dibutuhkan ikan hingga siap konsumsi relatif lebih lama. Namun, di sisi lain ini masih bisa menjadi lahan hijau bagi siapapun yang ingin serius membudidayakannya.

Potensi Budidaya Ikan Gurami

Ikan gurami termasuk ikan air tawar yang selalu memiliki potensi menghasilkan keuntungan bila diperdagangkan. Pasalnya ikan ini masuk dalam 12 komoditas ikan air tawar yang diperuntukkan untuk pemenuhan gizi masyarakat. Selain itu, ikan ini selalu diminati di restoran-restoran dan rumah makan karena dikenal memiliki daging yang gurih. Oleh karena itu kebutuhan masyarakat terhadap ikan gurami tergolong masih tinggi.

Bibit Ikan Gurami

Proses Budidaya Ikan Gurami

Dalam hal budi daya, ikan gurami relatif mudah untuk dikembangbiakkan dan dibudidayakan hingga siap konsumsi. Apalagi lahan yang diperlukan masih tersedia luas. Sumber daya lahan yang diperlukan bisa menggunakan keramba di danau-danau atau di sepanjang aliran sungai. Bahkan ikan ini dapat juga dibudidayakan di pekarangan rumah dengan menggunakan kolam terpal.

Pada bagian pakan, persediaan pakan relatif masih banyak dan ada sepanjang waktu. Ikan gurami merupakan ikan herbivora yang memakan serat tumbuhan. Biasanya ikan ini diberi pakan daun singkong atau daun sente.

Tubuh ikan gurami memiliki kantong pakan yang relatif kecil sehingga hanya sedikit konsumsi pakan yang diperlukan. Hal ini pula yang menjadikan ikan gurami memiliki waktu siap konsumsi yang relatif lebih lama dibanding ikan air tawar lainnya. Namun ini dapat diatasi dengan pemberian pakan yang tinggi protein secara intensif. Hal ini dapat mempercepat pertumbuhan ikan gurami hingga siap dikonsumsi jadi tidak perlu menunggu masa panen yang biasanya mencapai 8 bulan.

Prospek Penjualan Ikan Gurami

Harga ikan gurami siap konsumsi relatif stabil dalam waktu lama, bahkan sejak tahun 2000. Kenaikan yang terjadi tidak terlalu kentara, namun selalu ada potensi untuk naik seiring tingginya permintaan pasar.

Dalam hal penjualan, karena permintaan pasar relatif tinggi sedangkan persediaan ikan gurami dari benih hingga siap konsumsi di Makassar masih rendah, para petani tidak perlu khawatir untuk menjual karena selalu ada pembeli yang akan datang sendiri.

Alfa Farm

Alfa Farm sebagai penyedia bibit ikan gurami di Jawa Tengah yang unggul akan selalu siap bekerja sama dengan para petani yang memiliki minat membudidayakan ikan gurami. Bibit yang dijual berasal dari induk pilihan yang dibudidayakan oleh para petani yang bekerja sama dengan Alfa Farm.

Pengiriman dapat dilakukan melalui darat maupun udara, ke seluruh daerah Pulau Jawa hingga luar Pulau Jawa. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau karena bibit ikan langsung disuplai oleh para petani yang melakukan pendederan sendiri jadi tidak perlu terlalu khawatir dengan harga. Selain itu Alfa Farm menjamin garansi 100% hingga barang sampai di bandara tujuan. Bila ada ikan yang mati maka Alfa Farm akan siap menggantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp