Air Kolam Jadi Berbusa ? Kenali Penyebabnya

 

Umumnya banyak terjadi yakni air kolam muncul buih busa dengan kadar sedikit maupun banyak. Hal ini pasti menjadi perhatian bagi para pembudidaya dan penghobi ikan. Munculnya busa pada kolam biasanya menandakan bahwa air kolam cenderung tidak sehat.

Kondisi seperti ini tentunya akan menyebabkan ikan menjadi rentan terkena penyakit hingga akhirnya ikan akan mati. Dan jelas akan menjadi kerugian besar bagi para pembudidaya ikan.

Beberapa kemungkinan penyebab air kolam menjadi berbusa/berbuih akan kami jelaskan berikut :

 

  1. Kemungkinan pertama air kolam mengalami peningkatan kadar gas CO2 dan banyak plankton yang mati. Sehingga memunculkan banyak busa, juga menyebabkan air kolam menjadi keruh dan pekat.

  2. Kedua, karena tingginya kadar organik trlarut dalam air. Bahan organis yang dimaksud bisa besrasal dari sisa kotoran ikan yang tidak terurai serta sisa pakan yang tidak dimakan oleh ikan.

  3. Ketiga adalag fenomena ledakan alga atau biasa disebu algae blooming. Kondisi ini terjadi karena proses pemupukan yang berlebihan atau bisa juga overdosis penggunaan katalis plankton.

Dari 3 kemungkinan yang sudah disebutkan, munculnya busa pada air kolam bisa jadi dikarenakan karena anda baru saja melakukan penggaraman pada kolam. 

Pada Budidaya Nila Bioflok pun memungkinkan munculnya busa setelah pemberian pakan. Bedanya, busa ini adalah baik untuk ikan. Kecuali, jika sudah menyebabkan bau tidak sedap, dan bsa tidak kunjung hilang.

 Menyediakan Benih Ikan Air Tawar Unggulan
Nila, lele, Bawal, Gurame, Patin, Ikan Mas, dsb.
Hubungi ALFA FARM 0813-2988-1010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *