5 Kesalahan Dalam Budidaya Ikan Patin, Inilah Penjelasan Singkat Dari Pengusaha Timika

Ikan Patin Di Timika – Pada umumnya melakukan budidaya ikan patin memang terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Sebab Anda bisa melakukan budidaya ikan di mana saja, baik itu dengan memanfaatkan pekarangan rumah ataupun lokasi lainnya. Namun, meskipun demikian, masih ada banyak pengusaha pembudidaya ikan patin yang melakukan kesalahan sehingga menyebabkan hasil budidaya berjalan tidak sesuai target ataupun tidak maksimal. Jadi, berikut ini ada beberapa penjelasannya! 

1. Pemilihan Lokasi yang Tidak Sesuai

Tahukah Anda bahwa budidaya ikan patin ini memang harus dilakukan di wilaya yang sesuai dan tepat. Di mana untuk lokasi yang dimaksud adalah bisa mendapatkan kualitas air yang bersih. Oleh karena itu, jangan Anda lakukan budidaya ikan patin ini di lokasi yang dekat dengan pembuangan limbah ataupun lokasi yang sudah tercemar, karena ini bisa mempengaruhi kualitas air yang Anda dapatkan. 

2. Kualitas Pakan Ikan Patin Kurang Bagus

Berikutnya perhatikan pula mengenai kualitas pakan ikan patin. Di mana jika Anda memilih pakan atau makanan ikan patin yang banyak mengandung karoten, tentu saja hal ini kurang baik. Jadi, sangat disarankan untuk memilih pakan yang banyak mengandung gizi dan tidak hancur di dalam air. 

3. Kualitas Air Di Kolam Ikan Patin yang Buruk

Jika Anda terlalu sering menggunakan antibiotik dan juga obat-obatan yang lainnya tentu saja bisa menyebabkan kualitas air dalam kolam menurun. Tak hanya itu saja, tingkat kepadatan ikan patin yang tinggi dan juga keberadaan predator lainnya yang terdapat dalam kolam tentu saja bisa menyebabkan pula kualitas air menurun.

Oleh karena itu, Anda harus bisa mengatur dengan baik bibit ikan patin pada saat ditebar ke dalam kolam. Jadi, sebagai sarana bisa Anda terbaru sekitar 10 hingga 20 ekor/m3 air.

4. Proses Panen Ikan Patin yang Salah

Mengenai hal ini sangat penting untuk Anda ketahui bahwa ikan patin ini pada saat dipanen tidak boleh pada saat matahari sedang terik, terlebih lagi dengan menggunakan teknik panen yang kasar. Untuk tips ternak ikan patin secara benar yaitu ikan patin yang nantinya siap dipanen perlu dipuasakan terlebih dahulu selama satu hari.

Kemudian untuk menghindari yang namanya perlakuan kasar maka Anda dapat mengiring ikan-ikan patin ke arah bagian satu sisi dengan menggunakan jaring sehingga prosesnya bisa jauh lebih mudah. 

5. Pemilihan Benih Ikan Patin yang Kurang Bagus

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan oleh para pengusaha budidaya adalah pemilihan benih ikan patin yang kurang bagus. Di mana benih yang bagus dan unggul tentu menjadi salah satu modal utama dalam menjalankan budidaya ikan patin dan ini sekaligus sebagai penentu keberhasilan dalam melakukan budidaya ikan patin.

Oleh karena itu, untuk bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ataupun menjadikan budidaya ikan patin gagal maka mengenai pemilihan bibit atau benih ikan patin yang berkualitas bisa Anda temukan di Alfa Farm

Di mana Alfa Farm ini merupakan penyedia bibit ikan air tawar dengan kualitas unggul, berkualitas dan bahkan terlengkap serta murah. Selain itu, Alfa Farm juga telah bekerja sama dengan para petani pembenihan budidaya yang memang berasal dari induk ikan pilihan sehingga semua bibit ikan yang ada disini merupakan bibit ikan unggulan.

Penjual ikan terpercaya ini menyediakan berbagai bibit ikan seperti ikan nila, lele, patin, ikan mas, gurame dan berbagai macam jenis ikan hias lainnya. Kemudian untuk harga serta biaya pengiriman ke daerah anda di Jawa Maupun Laur Jawa bibit ikan patin bisa langsung Anda cek di Alfa Farm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Order Via WhatsApp